Analisis Daya Saing Kakao Olahan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Saing Kakao Olahan Provinsi Sumatera Utara, Indonesia di Pasar Internasional

Nelva Meyriani Ginting, Rahmanta Rahmanta, Lindawati Lindawati

Abstract

Peningkatan ekspor kakao olahan (cocoa butter) Sumatera Utara ke pasar Malaysia dan Singapura akan meningkatkan daya saing. Potensi ini memberikan nilai tambah bagi industri pengolahan kakao nasional. Tujuan penelitian menganalisis daya saing kakao olahan (cocoa butter) Sumatera Utara di Pasar Internasional, menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap daya saing kakao olahan (cocoa butter) Sumatera Utara di Pasar Malaysia dan Singapura. Metode penelitian menggunakan Revealed Comparative advantage (RCA) dan Export Product Dynamic (EPD) menganalisis daya saing kakao olahan (cocoa butter) Sumatera Utara di Pasar Internasional. Regresi Linear Berganda untuk menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap daya saing kakao olahan(cocoa butter) Sumatera Utara di Pasar Malaysia dan Singapura. Hasil penelitian menunjukkan Sumatera Utara memiliki daya saing yang kuat di Pasar Malaysia dan Singapura. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap daya saing kakao olahan (cocoa butter) Sumatera Utara adalah volume ekspor kakao olahan (cocoa butter) Sumatera Utara, harga domestik kakao olahan (cocoa butter) Sumatera Utara, harga ekspor kakao olahan (cocoa butter) Sumatera Utara, harga ekspor kakao olahan (cocoa butter) Ghana, kebijakan bea keluar biji berpengaruh positif signifikan terhadap daya saing kakao olahan (cocoa butter) Sumatera Utara ke Pasar Malaysia dan Singapura.

Keywords

daya saing; faktor daya saing; kakao olahan

Full Text:

PDF

References

Abdullah, P., Alisjahbana, Armida, S., Effendi, N., B. (2002). daya saing daerah :konsep dan pengukurannya di Indonesia. Yogyakarta, BPFE.

Amirullah. (2015). Pengantar manajemen (fungsi-proses- pengendalian). Mitra Wacana Media.

Andini, D., Yulianto, E., & Fanani, D. (2016). peningkatan daya saing ekspor produk olahan kakao Indonesia di pasar internasional(studi pada ekspor produk olahan kakao Indonesia tahun 2009-2014). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(2), 171–175.

Arsyad, A. (2011). media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Asmarantaka, R. W. (2012). Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). Departemen Agribisnis, FEM-IPB. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/65828

Aulia, T., Suharyono, U., & Yulianto, E. (2018). analisis daya saing ekspor biji dan produk olahan kakao Indonesia (periode tahun 2012-2016). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 62(2), 11–20.

Badry, S. I. (2013). analisis daya saing tekstil dan produk tekstil Indonesia di Amerika Serikat dengan pendekatan revealed comparative advantage dan constant market share. Universitas Negeri Semarang.

Ghozali, I. (2006). aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Habib, G. B. (2019). dampak penerapan kebijakan bea keluar terhadap ekspor kakao Indonesia. Jurnal PKN STAN, Vol 3, No1, 15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31092/jpbc.v3i1.432

Hanafi, R. U., & Tinaprilla, N. (2017). daya saing komoditas kakao Indonesia di perdagangan internasional. Forum Agribisnis, 7(1), 1–20. https://doi.org/10.29244/fagb.7.1.1-20

Harya, G. I. (2018). analisis faktor – faktor yang mempengaruhi dan upaya meningkatkan daya saing kakao Jawa Timur. Berkala Ilmiah AGRIDEVINA, 7(1), 77–92. https://doi.org/10.33005/adv.v7i1.1132

Indonesia, S. B. H. (2019). demand for chocolate products on the rise in Indonesia. Swiss Business Hub Indonesia. https://www.s-ge.com/en/article/global-opportunities/20191-c7-food-indonesia-chocolate-products

Kalaba. (2012). analisis daya saing ekspor kakao Indonesia. Universitas Gajah Mada.

Makmun, S. (2012). dampak kebijakan bea keluar terhadap ekspor dan industri pengolahan kakao. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, Volume 6 N, 16.

Maulana, A., & Kartiasih, F. (2017). analisis ekspor kakao olahan Indonesia ke sembilan negara tujuan tahun 2000 – 2014 analysis of Indonesian cocoa exports to nine destination countries 2000 – 2014. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 17(2), 103–117.

Musfiah, P. Z. (2019). analisis daya saing kakao Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ragimun. (2012). analisis daya saing komoditas kakao Indonesia. Jurnal Pembangunan Manusia, Vol 6 No 2, 20.

Saragih, M. T. (2019). pengaruh penerapan bea keluar biji kakao terhadap daya saing serta ekspor produk kakao olahan Indonesia ke negara tujuan utama [IPB University]. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/100784

Tresliyana, A., Fariyanti, A., & Rifin, A. (2018). daya saing kakao Indonesia di pasar internasional. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 12(2), 150–162. https://doi.org/10.17358/jma.12.2.150

Wicaksono, R. P. K., & Kusnadi, N. (2016). pengaruh penerapan bea keluar terhadap daya saing produk kakao Indonesia [Institut Pertanian Bogor]. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.