Persepsi Masyarakat terhadap Dampak Perkebunan Kelapa Sawit PT. Damai Jaya Lestari di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Helviani Helviani, Muh. Obi Kasmin, Aan Wilhan Juliatmaja, Nursalam Nursalam, H. Syahrir

Abstract

Persepsi masyarakat terhadap perkebunan kelapa sawit PT. Damai Jaya Lestari (DJL), merupakan suatu proses kognitif yang dialami oleh setiap orang (masyarakat) di dalam memahami informasi tentang lingkungannya terkait dampak berdirinya perkebunan kelapa sawit. PT. DJL adalah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang bergerak dalam pengolahan hasil sawit minyak mentah. Masyarakat sekitar terkhusus masyarakat Desa Rahanggada, Desa Popalia dan Desa Oneeha merupakan desa-desa yang menjadi akses jalan menuju perusahaan, jarak lokasi yang tidak terlalu jauh antara perusahaan dan pemukiman penduduk desa akan memberikan dampak yang akan dirasakan oleh masyarakat desa, dampak tersebut dari segi ekonomi dan sosial yang bersifat positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap dampak berdirinya perkebunan kelapa sawit. Metode penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode proporsional cluster, yakni dari setiap populasi diambil 10 % untuk dijadikan sampel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa dampak ekonomi terhadap perkebunan kelapa sawit PT. DJL di Desa Rahanggada dan Desa Popalia termasuk dalam kategori sangat baik dan baik (berpengaruh positif). Sedangkan di Desa Oneeha termasuk dalam kategori netral. Dampak sosial terhadap perkebunan kelapa sawit PT. DJL di Desa Rahanggada dan Desa Popalia termasuk dalam kategori tidak baik. Dan di Desa Oneeha juga termasuk dalam kategori yang sangat tidak baik (berpengaruh negatif). Dampak lingkungan terhadap perkebunan kelapa sawit PT. DJL di Desa Rahanggada, Popalia dan Oneeha termasuk dalam kategori tidak baik, sangat tidak baik dan (berpengaruh negatif).

Keywords

dampak ekonomi; dampak lingkungan; dampak sosial; perkebunan kelapa sawit; persepsi

Full Text:

PDF

References

Apriayanti, I., Munthaha, M,A. 2017. Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat sekitar Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Di Kabupaten Langkat. Agrium Jurnal. Vol. 20, No. 3.

Badrun, Y., Mubarak. 2010. Dampak Industri Perkebunan Kelapa Sawit terhadap Lingkungan Global. Seminar dan Lokakarya Revitalisasi dan Penguatan Jenjang Kerjasama Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Lembaga Penelitian Universitas Riau. Pekanbaru 9-20 November.

Juspriyanti. 2017. Persepsi Masyarakat Wonosobo terhadap Aktivitas PT API (Chevron Pacific Indonesia) Di Kelurahan Talang Mandi Kecamatan Maundau Kabupaten Bengkalis. Pekanbaru. Fakultas Fisip Kampus Bina Widya.

Klasibin, J, A., Caroline, B, D, P., Celcius, T. 2018. Persepsi Masyarakat terhadap Dampak Sosial Ekonomi dari Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Henrison Inti Persada Kabupaten Sorong Papua Barat. Jurnal Agrio-Sosio Ekonomi Unsrat. Vol. 14, No. 1.

Mara, A., Fitri, Y. 2013. Dampak Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat terhadap Pendapatan Wilayah Desa (PDRB) di Provinsi Jambi. AGRISEP Jurnal. Vol. 13, No. 1.

Media Tim. 2010. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Media Center. Jakarta.

Nahlunnisa, H., Santosa, Y., Ervizal, AM, Z. 2017. Dampak Perkebunan Kelapa Sawit terhadap Keanekaragaman Spesies Tumbuhan Tropika (Studi Kasus : Provinsi Riau). Wahana Foresta: Jurnal Kehutanan. Vol. 12, No. 1.

Nugroho, A,E., Rakhmadhani, N. 2018. Dampak Keberadaan Perkebunan Kelapa Sawit pada Pembangunan Di Hulu Sungai Mahakam Kabupaten Kutai Kartanegara. Magrobis Journal. Vol. 8, No. 2.

Riska, R., Syarifah, S., Hafriliza, A. 2021. Dampak Perkebunan Kelapa Sawit terhadap Kualitas Air di Desa Alur Dua, Kota Langsa. Pros. SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan. Vol. 2, No. 1.

Rusmawardi. 2007. Pengaruh Berdirinya Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jack) Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus pada desa Kabuau, Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kota Waringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah).http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9632.

Said, H, Lukman, Y, dan Wa Ode, Y. 2018. Pengaruh Keberadaan Perkebunan Kelapa Sawit (Pt.Tani Prima Makmur) Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Karyawan Di Desa Mendikon Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe. Jurnal Buletin Penelitian Sosek. Vol. 20, No. 2.

Siradjuddin, I. 2015. Dampak Perkebunan Kelapa Sawit terhadap Perekonomian Wilayah di Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Agroteknologi. Vol. 5, No. 2.

Sulistyaningrum, E., Wiryono., Gunggung, S. 2020. Persepsi Masyarakat terhadap Perkebunan Kelapa Sawit dan Pabrik CPO PT. Djuandasawit Lestari. Naturalis Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Vol. 9, No. 1.

Syamsuddin. 2011. Pengaruh Berdirinya Perusahaan Kelapa Sawit (PT. Damai Jaya Lestari) Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Tondowolio. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang. Fakultas Pertanian.

Utami, R., Eka, I, K, P., Ekayani, M. 2017. Dampak Ekonomi dan Lingkungan Ekspansi Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus: Desa Penyambungan, Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi). Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI). Vo. 22, No. 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.