Pemasaran Cengkeh di Desa Penyaringan Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Indonesia

Sayu Kade Sintia Dewi, Made Antara, Gede Mekse Korri Arisena

Abstract

Produksi cengkeh dari tahun ke tahun tidak sama, pada satu waktu hasilnya cukup tinggi dan lain waktu hasilnya rendah. Penelitian ini mengungkapkan tiga temuan. Pertama, mengidentifikasi struktur pasar cengkeh. Kedua, menganalisis lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran cengkeh di Desa Penyaringan Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana. Terakhir, menganalisis keragaan pasar cengkeh di Desa Penyaringan Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Responden penelitian ini sebanyak 35 petani dan dua responden lembaga pemasaran. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui struktur pasar, lembaga pemasaran, dan saluran pemasaran menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan untuk mengetahui besar marjin dan distribusi marjin pemasaran, serta farmer’s share menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, struktur pasar cengkeh di Desa Penyaringan termasuk salah satu bentuk pasar persaingan tidak sempurna yaitu struktur pasar oligopsoni. Kedua, lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran cengkeh diantaranya satu pedagang pengumpul dan satu pedagang besar. Terakhir, terdapat satu saluran pemasaran yaitu, produsen (petani) – pedagang pengumpul – pedagang besar – konsumen akhir. Marjin pemasaran pada saluran pemasaran cengkeh di Desa Penyaringan adalah sebesar Rp 7.000/kg untuk cengkeh kering dengan nilai distribusi marjin pemasaran sebesar 5,37% sedangkan keuntungan sebesar 94,63%. Besar marjin pemasaran cengkeh Rp 4.342,86/kg untuk cengkeh basah dengan nilai distribusi marjin pemasaran sebesar 6,11% sedangkan keuntungan sebesar 93,89%. Adapun farmer’s share yang diterima pada saluran pemasaran cengkeh sebesar 88,33% untuk cengkeh kering dan 78,28% untuk cengkeh basah.

Keywords

cengkeh; saluran pemasaran; lembaga pemasaran

Full Text:

PDF

References

Lisnawati, Hadayani, & Kalaba, Y. (2017). Analisis Pemasaran Cengkeh di Desa Jono Oge Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Jurnal Agroland, 24(3), 172–

Mahatama, E., & Farid, M. (2013). Daya saing dan saluran pemasaran rumput laut: kasus kabupaten jeneponto, sulawesi selatan. Buletin Ilmiah Litbang

Perdagangan, 7(1), 55–72.

Maulina, D. (2014). Identifikasi Struktur Pasar Dan Strategi Bersaing : Pendekatan Game Theory ( Kasus : Industri Angkutan Antar Jemput Dalam Provinsi Jurusan Semarang - Purwokerto).

Naufal, A., & Nugroho, A. (2018). ANALISIS SISTEM PEMASARAN CENGKEH (SYZYGIUM AROMATICUM) DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR. 3(4), 518–524.

Ngada, K. (2019). Volume VIII No 1, Juni 2019 Buletin EXCELLENTIA (p- ISSN:2301- 6019) hal (…). VIII(1), 29–

Ningsih, K. (2011). Analisis Saluran dan Marjin Pemasaran Petani Jambu Air Camplong ( syzygium aqueum ) Of Rose Water Camplong Farmer ( syzygium aqueum ). 35–45.

Ningsih, U. W., Hartono, B., & Nugroho, E. (2017). Analisis pemasaran sapi potong melalui analisis marjin, transmisi harga, struktur pemasaran, perilaku pemasaran dan kinerja pemasaran. Jurnal Ilmu- Ilmu Peternakan, 27(1), 1–11. https://doi.org/10.21776/ub.jiip.2017.0 27.01.01

Nur, M. I., Rosada, I., & Salim, M. (2018). Analisis Sistem Pemasaran Cengkeh. 1(2), 1–11.

Nurdjannah, N. (2016). Diversifikasi Penggunaan Cengkeh. Perspektif, 3(2), 61–70.

https://doi.org/10.21082/p.v3n2.2004.6 1-70

Pay, Y. A., & Nubatonis, A. (2017). Analisis Pemasaran Buncis di Desa Oerinbesi Kecamatan Biboki Tanpah Kabupaten Timor Tengah Utara. Agrimor, 2(04), 52-54.

https://doi.org/10.32938/ag.v2i04.173 Pratama, Y. Y., & Nuswantara, B. (2020).

Analisis Pemasaran Kacang Tanah Di Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Jambura Agribusiness Journal, 2(1), 34–38. https://doi.org/10.37046/jaj.v2i1.7042

Puspitawati, I. R., & Wardhani, R. M.

(2013). Analisa Efisiensi Pemasaran Komoditi Cabai (Capsicum annum L.) pada Beberapa Saluran Pemasaran di Kota Madiun. Agritek, 14(1), 72–86.

Sega Neli Riyanti, D. A., Satriawan, I. K., & Bayu Sadyasmara, C. A. (2019). Analisis Pemasaran Garam Kusamba Di Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 7(2), 169.https://doi.org/10.24843/jrma.2019.v07.i 02.p01

Tamran Suaib, Yanti Saleh, and A. M. (2018). Analisis Pemasaran Komoditas Cengkeh Di Desa Taludaa Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango. Agrinesia, Vo.l 2 No., 146–153.

Wawan Herliadi, Dedi Herdiansah S, M. R. (2015). Analisis Pemasaran Kapulaga (Studi Kasus pada Kelompok Tani Cimanggu I di Desa Cimanggu Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran). Agroinfo Galuh, 1(3), 197–204. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/agr oinfogaluh/article/view/276/276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.