Studi Pola Distribusi dan Margin Pemasaran pada Beras Kemasan Best Seller di Kota Pekanbaru, Riau, Indonesia
Abstract
Ketiadaan produksi padi menyebabkan ketersediaan beras di Kota Pekanbaru secara keseluruhan didatangkan dari berbagai daerah lumbung padi di Indonesia, baik dalam maupun luar Provinsi Riau. Keberagaman asal beras ini membentuk pola distribusi dan keberagaman jenis dan merek beras yang beredar di pasar beras perkotaan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pola distribusi dan perbandingan margin beras kemasan (Best Seller) di pasar beras perkotaan. Metode penelitian yang digunakan yakni survey pada 20 responden yang dipilih secara purposive dengan prinsip keterwakilan pada setiap level lembaga pemasaran. Metode analisis yang digunakan yakni analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola distribusi beras melibatkan tiga rantai dan dua rantai lembaga pemasaran. Berdasarkan analisis pemasaran, diketahui bahwa margin pemasaran total pada beras Merek Anak Daro dan Merek Topi Koki berada di bawah harga jual yakni Rp 1.500 dan Rp 2.200 serta nilai efisiensi pemasaran di bawah 100% yakni 2,30 dan 3,67 sehingga termasuk kategori pemasaran yang efisien. Efisiensi pemasaran beras ini memberi gambaran peluang perkembangan agroindustri beras di Kota Pekanbaru sehingga mendukung ketahanan pangan regional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, M., Marwa, T., Husni Thamrin, K., & Bashir, A. (2017). Analysis of Rice Distribution in South Sumatera, Indonesia. International Journal of Economics and Financial Issues, 7(3), 166–171. http:%0Awww.econjournals.com
Aenunnisa, N., Sumarjono, D., & Mukson. (2018). Pola Distribusi dan Margin Pemasaran Gabah di Kabupaten Karawang. Mediago, 14(1), 33–44.
Affandi, M. I., & Handayani, S. (2020). Marketing Efficiency of Organic Rice in Lampung Province. Journal of Physics: Conference Series, 1500(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1500/1/012063
Airee, S., Ojha, B. R., Ojha, A., & Bhandari, A. (2020). Supply Chain Analysis of Rice (Oryza sativa. L.) Sub-Sector in Kanchanpur District, Nepal. International Journal of Social Sciences and Management, 7(4), 224–233. https://doi.org/10.3126/ijssm.v7i4.31124
Akbar, A. R. M., Wibowo, A. D., Rahmi, A., & Prabawa, S. (2019). Rice Distribution Pattern : A Study on Food Security in South Kalimantan. 6(1), 372–377.
Arbi, M., Thirtawati, T., & Junaidi, Y. (2018). Analisis Saluran Dan Tingkat Efisiensi Pemasaran Beras Semi Organik Di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 11(1), 22. https://doi.org/10.19184/jsep.v11i3.7151
BPS Kota Pekanbaru. (2021). Berita Resmi Statistik. Bps.Go.Id, 27, 1–16. https://jakarta.bps.go.id/pressrelease/2019/11/01/375/tingkat-penghunian-kamar--tpk--hotel--berbintang-dki-jakarta-pada-bulan-september-2019-mencapai-58-97-persen.html
Karimudin, Y. (2020). Pola Saluran Pemasaran Beras di Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 239–264.
Kusnanto, Maharani, E., & Shorea, K. (2016). Analisis Pemasaran Padi di Desa Raja Bejamu Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. PEKBIS (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis), Vol 8(1), 14–23. https://pekbis.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPEB/article/view/3373
Mursalat, A., Wulandary, A., & R, F. (2020). Identification of Partnership Patterns and Rice Distribution Channels As the Main Commodity in Sidenreng Rappang District. Agricultural Social Economic Journal, 20(4), 285–290. https://doi.org/10.21776/ub.agrise.2020.20.4.3
Murti, J., & Aji, M. (2012). Rice Supply Chains in Indonesia: How Do They Work? Joni Murti Mulyo Aji 1. 62, 473–488.
Noonari, S. (2015). Analysis of Rice Profitability and Marketing Chain: A Case Study of District Sukkur Sindh Pakistan. International Journal of Business and Economics Research, 4(3), 133. https://doi.org/10.11648/j.ijber.20150403.16
Saadah, Salam, M., Asmawati, & Sakia, N. (2021). Measuring margin and efficiency of the rice marketing channel. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 681(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/681/1/012107
Saragih, A. E., & Tinaprilla, N. (2017). Sistem Pemasaran Beras Di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur. Forum Agribisnis, 5(1), 1–24. https://doi.org/10.29244/fagb.5.1.1-24
Septya, F., Widayanti, S., Sudiyarto, S., & Amir, I. T. (2018). Struktur Dan Perilaku Pasar Beras Surabaya. Berkala Ilmiah AGRIDEVINA, 7(1), 27–39. https://doi.org/10.33005/adv.v7i1.1128
Setyawan, F., & Sari, P. N. (2016). Labelling Kemasan Sebagai Upaya Pengembangan Pemasaran Agroindustri Emping Jagung di Desa Tirtomulyo, Kretek, Bantul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 1(2), 231. https://doi.org/10.22146/jpkm.10609
Ulfa, A. N., & Masyhuri. (2018). Rice Marketing Efficiency in Sragen Regency Efisiensi Pemasaran Beras Di Kabupaten Sragen. Agro Ekonomi, 29(2), 287–298.
Widayanti, S., Amir, I. T., Indah, P. N., & Septya, F. (2020). Consumer Preference of Packaged Rice and Bulk Rice in Surabaya. HOLISTICA – Journal of Business and Public Administration, 11(1), 155–169. https://doi.org/10.2478/hjbpa-2020-0014
Widayanti, S., Septya, F., & Amir, I. T. (2018). Market Performance of Surabaya Rice Market ( A Marketing Margin Approach ). Icst, 62–68.
Yunus, M., & Syahputra, H. (2013). Analysis of Marketing Channels and Price Effect to Rice Marketing Efficiency in Aceh, Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 12(2), 195–206. https://doi.org/10.12695/jmt.2013.12.2.6
Refbacks
- There are currently no refbacks.