Keputusan Pembelian Bahan Pangan Online oleh Konsumen Rumah Tangga di Kota Bandar Lampung, Indonesia

Dian Rahmalia, I.Rani Mellya Sari, Eka Kasymir, Shinta Tantriadisti

Abstract

Sistem pemasaran telah mengalami pergeseran dari pemasaran tradisional ke pemasaran digital. Hal ini karena masyarakat mulai terbiasa melakukan aktivitas-aktivitas secara online termasuk dalam pembelian suatu barang seperti bahan pangan segar. Pembelian bahan pangan segar secara online ini banyak dilakukan oleh masyarakat di perkotaan. Penelitian ini bertujuan mengetahui keputusan pembelian bahan pangan segar secara online oleh konsumen rumah tangga di Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah metode survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online dan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui perilaku responden dalam pengenalan kebutuhan, alasan responden membeli bahan pangan segar secara online adalah sebagai alternatif pembelian jika malas keluar rumah, sedang sibuk, PPKM, dan banyak toko hingga pasar yang tutup. Pada tahap pencarian informasi menunjukkan bahwa konsumen mendapatkan informasi tentang bahan pangan segar yang dijual secara online dari media publik.  Tahap ketiga yaitu evaluasi alternatif menunjukkan bahwa harga merupakan faktor yang paling dipertimbangkan dalam membeli bahan pangan segar secara online. Tahapan keempat yaitu keputusan pembelian menunjukkan bahwa keputusan membeli bahan pangan secara online paling banyak adalah tergantung situasi. Tahapan terakhir yaitu evaluasi pasca pembelian dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen merasa puas terhadap bahan pangan segar yang dibeli secara online.

Keywords

pangan segar; pemasaran; perilaku konsumen

Full Text:

PDF

References

BPS. (2020). Statistik E-Commerce 2020. Badan Pusat Statistik.

Enre, A., Hutagalung, D. S., Simbolon, H. A., & Ong, M. T. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian CV Obor Pematangsiantar. Riset & Jurnal Akuntansi, 4(1), 322–332.

Fadli, R. M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.

Hanus, G. (2016). Consumer Behaviour During Online Grocerey Shopping. CBU International Conference Proceedings, 4, 010–013. https://doi.org/10.12955/cbup.v4.737

Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (Pajus) Medan. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3), 227–242.

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial selama Pandemi di Indonesia. Jurnal Professional, 7(20), 13–23.

Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran (Edisi millennium). PT. Prehallindo.

Kotler, P. (2020). Marketing 4.0 : Bergerak dari Tradisional ke Digital. PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan (9th ed.). Erlangga.

Mandey, J. B. (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Pro Mild. Jurnal EMBA, 1(1), 95–104.

Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran pada PT. Intercom Mpbillindo Padang. Jurnal Pundi, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.31575/jp.v1i1.9

Nofri, O., & Hafifah, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumen dalam Melakukan Online Shopping di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 113–132. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.5054

Nor, F. C. M., Siti, H. M. H., Rahmat, M., & Abenoh, N. A. (2020). Consumer Purchase Behavior Towards Online Grocery in Melaka. International Journal of Business, Economics and Law, 23(1), 25–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.2.26174.82240

Panget, B., Tumbel, T. M., & Tamengkel, L. F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada CV. Lion di Ternate. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(4), 62–69.

Pravasanti, Y. A., & Saputri, N. L. D. (2021). Keputusan Berbelanja Online di Masa Pandemi. Jurnal Budimas, 3(1), 209–213. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v3i1.2313

Ramayani, I., Hanifawati, T., & Sutandi, A. (2022). Pengaruh Social Distancing Selama Covid-19 terhadap Perilaku Pembelian Sayuran pada Ibu Rumah Tangga di Kota Bandung. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(1), 304–313. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.01.29

Solomon, M. (2006). Consumer Behaviour: Aeuropean Perspective 3rd Edition. Essex: Pearson Education Ltd.

Sonwaney, V., & Chincholkar, S. (2019). Identifying The Factors Impacting Online Consumer Buying Behavior. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(8), 445–456.

Tehuayo, E. (2018). Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Pada Perilaku Pembelian Produk Yamaha Mio di Kota Ambon. Jurnal SOSOQ, 6(2), 25–34.

Wang, M., & Qu, H. (2017). Review of the Research on the Impact of Online Shopping Return Policy on Consumer Behavior. Journal of Business Administration Research, 6(2), 15. https://doi.org/10.5430/jbar.v6n2p15

Yusri, J., Septya, F., & Andriani, Y. (2021). Studi Pola Distribusi dan Margin Pemasaran pada Beras Kemasan Best Seller di Kota Pekanbaru, Riau, Indonesia. Agro Bali : Agricultural Journal, 4(3), 438–446. https://doi.org/10.37637/ab.v4i3.789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.