PENGARUH KONSELING RASIONAL EMOTIF TERHADAP SELF-EFFICACY SISWA

Putu Abda Ursula

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling rasional emotif terhadap Self-Efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Singaraja dengan populasi penelitian sejumlah 64 orang pada kelas X IBB Tahun Pelajaran 2015/2016. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah 20 orang siswa. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif tentang peningkatan Self-Efficacy. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik t-Test Two Sample Assuming Equal Variances. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling rasional emotif berpengaruh dalam meningkatkan Self-Efficacy siswa, hal ini dilihat dari hasil analisis nilai thitung lebih besar dari ttabel (21,07>1,74) dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa konseling rasional emotif berpengaruh dalam meningkatkan Self-Efficacy siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.