IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PSIKOLOGI ABNORMAL PADA MAHASISWA SEMESTER IV PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING

Rofi'ud Darojatin Nisaa, Putu Abda Ursula

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan mahasiswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah dalam mengikuti perkuliahan Psikologi Abnormal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui implementasi Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV prodi Bimbingan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Dari hasil analis didapatkan bahwa motivasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan rata-rata motivasi belajar mahasiswa sebesar 73,6 yang termasuk dalam kategori C, siklus I meningkat menjadi 80,93 termasuk kategori B, siklus II meningkat menjadi 91,2 kategori A. Berdasarkan atas data tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Full Text:

PDF

References

Aqib, Zaenal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Pusat Kurikulum Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Prawira , Purwa Atmaja. 2013. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar_Ruzz Media.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme. Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sunardi,Didi. Nelfiyanti. 2015. Penerapan Metode Problem Based Learning Dalam Matakuliah Al- Islam II Di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. JISI : Jurnal Integrasi Sistem Industri. Dapat diakses di: https://jurnal.umj.ac.id

Uno, Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi. Aksara.

Wagiran 2007. Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Dan Reduksi Miskonsepsi Melalui Pendekatan Problem Based Learning. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Yogyakarta. Dapat diakses di: https://uny.ac.id

Refbacks

  • There are currently no refbacks.