PENGARUH POLA ASUH PERMISIF TERHADAP SIKAP AGRESIF SISWA SMP LAB UNDIKSHA

Putu Abda Ursula, Rofi'ud Darojatin Nisaa

Abstract

Pola asuh merupakan pola interaksi antara anak dan orang tua secara berkelanjutan dari baru lahir hingga dewasa yang berkaitan dengan kondisi fisik, kondisi psikologi, maupun norma-norma yang berlaku di masyarakat. Implementasi pola asuh yang kurang tepat akan berdampak langsung kepada individu tersebut, dalam hal ini peneliti ingin mengetahui secara mendalam terkait dampak yang ditimbulkan oleh pola asuh terhadap perilaku agresif pada siswa. Peneliti berinisiatif melakukan penelitian ini di sekolah SMP LAB Undiksha, karena jika dilihat dari letak sekolahnya yang berada di pusat kota maka kecenderungan siswa-siswa yang bersekolah disana memiliki gaya hidup yang lumayan tinggi, pola asuh yang biasanya dilakukan oleh kelompok gaya hidup yang tinggi adalah pola permisif, peneliti berharap pola asuh yang ada tidak berdampak negatif kepada siswa disana. Hal yang dilakukan yaitu peneliti pertama kali mencari tahu apakah ada siswa yang mendapatkan pola asuh permisif dari orang tuanya melalui penyebaran kuisioner ke seluruh siswa di SMP LAB Undiksha yang berjumlah 141 orang, setelah itu diperoleh data yaitu sebanyak 58 siswa yang mendapatkan pola asuh permisif. Setelah itu siswa yang mendapatkan pola asuh permisif diberikan kuisioner lanjutan yaitu kuisioner sikap agresif. Hasil yang diperoleh terdapat 37 siswa yang menunjukkan memiliki sikap agresif dan sisanya sejumlah 21 siswa tidak menunjukkan sikap agresif. Setelah itu peneliti melakukan Uji Korelasi maka di dapatkan hasil sejumlah 0,631 yang berarti hasilnya kuat. Maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa pola asuh permisif berpengaruh terhadap sikap agresif siswa.

Kata Kunci : Pola Asuh Permisif, Agresif

Full Text:

PDF

References

Baron, R. A. 2005. Psikologi Sosial, Edisi Kesepuluh : Jilid 2. Jakarta : Erlangga

Baumrind. 2004. Pola Asuh Otoritas Orang Tua. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia

Buss, A. H. dan Perry, M. 1992. The Aggression Questionmaire Journal of Personality and Social Psychology. America

Gunarsa, Singgih. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : PT. Gunung Mulia

Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga

Khoiroh, Budyawati, dan Khutobah. 2020. Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Dengan Tingkat Agresivitas Anak Kelompok B Di TK Dewi Masyithoh 60 Paleran Kabupaten Jember. Jember : Universitas Jember

Mar’aini. 2022. Hubungan Pola Asuh Permisif Terhadap Tingkat Kemandirian Siswa Kelas XI MA Al-Hamidy Kebon Talo Lembar. Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram.

Mudaim dan Rani . 2018. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Agresif. Lampung : Universitas Muhammadiyah Metro

Nasution, Mawaddah. 2018. Pola Asuh Permisif Terhadap Agresifitas Anak di Lingkungan X Kelurahan Suka Maju Kecamatan Medan Johor. Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan

Sarwono. 2009. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : YBP-SP

Sugiharmi. 2019. Perancangan Kuesioner Agresivitas Mahasiswa Berbasis Aplikasi Wondershare Quizcreator dalam Pembelajaran Kalkulus di Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali. Bali: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol.16 No 2 2019.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta. CV

Wahyuning, W. 2003. Mengkomunikasikan Moral Kepada Anak. Jakarta : Elex Media Komputindo

Refbacks

  • There are currently no refbacks.