MENGELOLA SISWA DENGAN KESULITAN BELAJAR MENULIS (DISGRAFIA)

Kadek Yati Fitria Dewi

Abstract

Gangguan Belajar (Learning Disorder) adalah suatu gangguan neurologis yang mempengaruhi kemampuan untuk menerima, memproses, menganalisis atau menyimpan informasi. Salah satu gangguan belajar tersebut adalah kesulitan belajar menulis (disgrafia). Anak dengan disgrafia mungkin mempunyai tingkat intelegensia yang sama atau bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan teman sebayanya, tetapi sering berjuang untuk belajar secepat orang di sekitar mereka. Disgrafia adalah kesulitan khusus dimana anak – anak tidak bisa menuliskan atau mengekspresikan pikirannya kedalam bentuk tulisan, karena mereka tidak bisa menyusun kata dengan baik dan mengkoordinasikan motorik halusnya (tangan) untuk menulis. Secara spesifik penyebab disgrafia tidak diketahui secara pasti, namun apabila disgrafia terjadi secara tiba – tiba pada anak maupun orang yang telah dewasa maka diduga disgrafia disebabkan oleh trauma kepala entah karena kecelakaan, penyakit, dan seterusnya. Disamping itu para ahli juga menemukan bahwa anak dengan gejala disgrafia terkadang mempunyai anggota keluarga yang memiliki gejala serup.

Full Text:

PDF

References

Berninger, et all, 2006. Comparison of Pen and Keyboard Transcription Modes in Children with and without Learning Disabilities. Artikel diakses pada

https://doi.org/10.2307%2F27740364

Djauzak, A. 1996. Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar Departemen Pendidikan Nasional

Kendell, J dan Stefanyshyn, D. (2012). Supporting Written Output Challenges with Technology diunduh 6 September 2015 dari http:// etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Supporting_Written_Output_Challenges_with_Technology.

Lerner, Janet.W, (2000). Learning Disabilities. Edisi 9, Boston: Houghton Mifflin Company

Santrock, John W. (2004). Psikologi Pendidikan. Edisi Bahasa Indonesia Terjemahan Winarti. McGraw-Hill Companies. Jakarta: Gramedia

Supriyadi. 1996. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta. Depdikbud: Universitas Terbuka

Vellutino, F. R., Fletcher, J. M., Snowling, M. J., & Scanlon, D. M. 2004. Specific reading disability (dyslexia): what have we learned in the past four decades?. Journal of child psychology and psychiatry, 45(1), 2 – 40. doi: https://doi.org/10.1046/j.0021-9630.2003.00305.x

Yusuf, Munawir. dkk. 2003. Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo : Tiga Serangkai.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.