HUBUNGAN ANTARA KOEFISIEN EFEK SPURIOUS OVERLAP (ESO) DENGAN KOEFISIEN KORELASI PRODUCT MOMENT SEBELUM DIKOREKSI OLEH EFEK SPURIOUS OVERLAP (rix) BUTIR TES KEMAMPUAN BERPIKIR MANTIK

I Gusti Ngurah Puger, Kadek Yati Fitria Dewi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan secara signifikan antara koefisien efek spurious overlap (ESO) dengan koefisien korelasi product Moment sebelum dikoreksi oleh efek spurious overlap (rix) butir tes kemampuan berpikir mantik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Seririt, sedangkan sampelnya berupa respon 100 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Seririt setelah diberikan tes kemampuan berpikir mantik yang dipilih secara purposive sampling. Tes kemampuan berpikir mantik yang digunakan sudah memiliki kelayakan untuk digunakan lebih lanjut, dikaji dari koefisien content validity (VI), koefisien reliabilitas (r”) respon antar-rater, validitas butir, dan reliabilitas tes. Untuk menganalisis data mengenai hubungan antara koefisien efek spurious overlap dengan koefisien korelasi Product Moment sebelum dikoreksi oleh efek spurious overlap butir tes kemampuan berpikir mantik digunakan formula korelasi Product Moment dari Pearson. Dari hasil analisis data diperoleh temuan bahwa koefisien efek spurious overlap (ESO) berhubungan secara terbalik dengan koefisien korelasi Product Moment sebelum dikoreksi oleh efek spurious overlap (rix) butir tes kemampuan berpikir mantik. Dari temuan yang sudah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa koefisien efek spurious overlap (ESO) berhubungan secara terbalik dengan koefisien korelasi Product Moment sebelum dikoreksi oleh efek spurious overlap (rix) butir tes kemampuan berpikir mantik.

Kata Kunci: Efek spurious overlap, koefisien korelasi Product Moment, dan kemampuan berpikir mantik.

Full Text:

PDF

References

Aryani, Made. 2009. “Pengujian Validitas Butir dengan Mengoreksi Efek Spurious Overlap.” Makalah yang Disampaikan dalam Seminar Ilmiah dengan Tema ‘Pengembangan Instrumen Penelitian Menjadi Instrumen Standar,’ yang Diselenggarakan Oleh K3S Kabupaten Jembrana, Tanggal 26 Juni 2009.

Azwar, Saifuddin. 2003. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Heryani, Nyoman. 2019. Structural Equation Modeling (SEM) dan Path Analysis. Surabaya: Paramita.

Kresnawati, Ni Nyoman. 2019. Konstruksi dan Analisis Tes Hasil Belajar. Denpasar: Bali Post Offset.

Kusumawati, Ni Ketut. 2019. Uji Asumsi dalam Analisis Data. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nasoetion, Andi Hakim. 1995. “Berpikir Mantik.” Makalah yang Disampaikan dalam Penataran Metodologi Penelitian Bagi Dosen Muda IPB, Agustus 1995.

Puger, I Gusti Ngurah. 2018. “ESO-rix Paradoks pada Tes Hasil Belajar.” Makalah yang Disampaikan Kepada Guru-Guru SMP se-Kecamatan Melaya, dalam Seminar Ilmiah yang Diselenggarakan Oleh CV Jimbarwangi, Tanggal 19 Oktober 2018.

Puger, I Gusti Ngurah. 2019. Validitas Butir dan Efek Spurious Overlap (ESO) Secara Unidimensi dan Multidimensi (Suatu Kajian Efek Spurious Overlap pada Tes Kemampuan Berpikir Mantik). Laporan Hasil Penelitian Hibah Kerjasama antara K3S Kabupaten Jembrana dengan FKIP Unipas Singaraja.

Suarni, Ketut. 2020. Pengujian Validitas Butir Tes Hasil Belajar dengan Formula Korelasi Product Moment yang Dikoreksi oleh Efek Spurious Overlap. Surabaya: Paramita.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.