Strategi Pengembangan Ekspor Kopi Arabika di Sumatera Utara, Indonesia

Ari Permana Ginting, Satia Negara Lubis, Diana Chalil

Abstract

Perkembangan ekspor kopi arabika Sumatera Utara mengalami penurunan disebabkan karena rendahnya tingkat efisiensi usahatani kopi di Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan eksportir kopi arabika di Sumatera Utara, mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan eksternal yang menjadi peluang dan ancaman eksportir kopi arabika di Sumatera Utara, dan merumuskan strategi yang dapat dijalankan perusahaan sesuai dengan kondisi lingkungan perusahaan eksportir kopi arabika di Sumatera Utara. Metode penelitian menggunakan analisis SWOT untuk menganalisis strategi pengembangan ekspor kopi arabika di Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal yang menjadi kekuatan dalam ekspor kopi arabika yaitu kondisi fisik dan mutu kopi arabika, waktu pengiriman kopi arabika, potensi eksportir menjangkau negara importir, dan yang menjadi kelemahan dalam ekspor kopi arabika yaitu promosi kopi arabika, jumlah modal yang dimiliki eksportir, penyuluhan mengenai sertifikat mutu. Faktor eksternal yang menjadi peluang dalam ekspor kopi arabika yaitu surat izin untuk melakukan kegiatan ekspor, konsumen tetap yang mengkonsumsi kopi arabika, gagal panen pada negara pesaing pengekspor kopi arabika, harga jual kopi arabika, permintaan kopi arabika di luar negeri, dan yang menjadi ancaman dalam ekspor kopi arabika yaitu penetapan tarif ekspor, peranan pemerintah, pesaing dari negara produsen kopi arabika, pengaruh iklim. Alternatif strategi dalam pengembangan ekspor kopi arabika yaitu mempertahankan konsumen tetap, memanfaatkan surat izin untuk memudahkan eksportir menjangkau negara importir, meningkatkan modal dengan mengoptimalkan permintaan dari konsumen tetap, meningkatkan promosi, meningkatkan kuantitas dan kualitas mutu kopi arabika, meningkatkan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait, meningkatkan peranan pemerintah dalam mendukung pelaksanaan promosi dan akses bantuan permodalan. 

Keywords

strategi pengembangan; ekspor; kopi arabika

Full Text:

PDF

References

AEKI. 2016. Ekspor Kopi. http://www.aeki-aice.org/page/ekspor/id.

AEKI. 2018. Realisasi Ekspor Kopi Sumatera Utara Berdasarkan Surat Keterangan Asal (SKA). Tidak Dipublikasikan

AEKI. 2020. Realisasi Ekspor Kopi Sumatera Utara Berdasarkan Surat Keterangan Asal (SKA).

Admaizon. 2004. Agribisnis Kopi Arabika Kabupaten Solok dengan Pendekatan Kimbun. Solok : Warta Rimbun edisi 2/2004.

Amir, M.S. 2004. Strategi Memasuki Pasar Ekspor. PPM, Jakarta.

Best Present Guide. Kopi Brazil, Kopi Dari Negara Penghasil Kopi Nomor ! di Dunia, https://bp-guide.id/AXCtlWQ. 6 Juni 2017.

David, R.F. 2006. Manajemen Strategi : Konsep. Edisi kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Dinas Perkebunan Sumut. 2020. Rekapitulasi Luas Areal & Produksi Tanaman Perkebunan. Tidak Dipublikasikan

Direktorat Jendral Perkebunan Departemen Pertanian. 2018. www.deptan.go.id.

Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian. 2019. Indonesia dan Italia Dalam Peningkatan Peluang Kerjasama Ekspor Kopi Indonesia. Jakarta: Departemen Pertanian.

Durroh, B., Daud, M.Y., Purba, J.H. 2023. Analysis of Quality Control of Tea Products Using the Fishbone Diagram Approach at PT Candi Loka, Indonesia. Asian Journal of Research in Crop Science 8(1): 16-24. https://doi.org/10.9734/ajrcs/2023/v8i1154

Iriana Cicin Ruli. 2008. Strategi Pengembangan Bisnis Teh, Studi Kasus di Perkebunan Gedeh PTPN VIII, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Skripsi. Departemen Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Krugman Paul R. dan Obstfeld Maurice. 1991. Ekonomi Internasional Teori dan Kebijakan. Edisi kedua. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kuncoro, Mudrajad, 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kustiari, Reni. 2007. Perkembangan Pasar Kopi Dunia dan Implikasinya bagi Indonesia. Jurnal Forum penelitian Agroekonomi Vol 25 No. 1, Juli 2007 : 43 – 55.

Nopirin. 1996. Ekonomi Moneter. Buku II. BPFE. UGM.Yogyakarta.

Okezone. 2015. Kelebihan Biji Kopi Indonesia Dibanding Negara Lain. https://lifestyle.okezone.com/read/2016/08/17/298/1466319/kelebihan-bijikopi-indonesia-dibanding-negara-lain.11 februari 2018.

Pascaria Dewi Lorent Purba. 2012. Strategi Pengembangan Ekspor Kopi Arabika Sumatera Utara (Studi Kasus : Kota Medan).

Rangkuti, F. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Riszky Ramadhan. 2017. Penentuan Strategi dengan Metode Pendekatan Analisis SWOT pada Hotel Nongso Point dalam Menghadapi Persaingan Bisnis.

Saaty, Thomas L. 1988. Decision Making for Leaders. University of Pittsburgh. Pittsburgh.

Salvatore. 1997. Ekonomi Internasional. Jakarta : Erlangga.

Sari Nalurita. 2014. Analisis Daya Saing dan Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Indonesia. Bogor.

Siyum, N., Getu, D., Purba, J.H., and Bahta, M. 2022. Enhancing Faba Bean Production through Promoting Integrated Faba Bean Gall Management Practices in Eastern Amhara Region of Ethiopia. Agro Bali : Agricultural Journal, 5(2): 369-375.

https://doi.org/10.37637/ab.v5i2.898

Susanti, H. 2006. Analisis Strategi Perusahaan untuk Meningkatkan Pemasaran Lokal Produk Teh Hitam di PT. Perkebunan Tambi Wonosobo, Jawa Tengah. Skripsi. Program Studi Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Tan, Syamsurijal. 2009. Ekonomi Internasional. Citra Prathama. Jakarta.

Tatakomara, E. 2004. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ekspor Komoditi Teh di Pasar Internasional. Skripsi. Departemen Ilmu-Ilmu social Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Tiur Sihaloho. 2009. Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi di Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara. Bogor.

Yani Subaktilah. 2018. Analisis SWOT : Faktor Internal dan Eksternal pada Pengembangan Usaha Gula Merah Tebu (Studi Kasus di UKM Bumi Asih, Kabupaten Bondowoso).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.