Perbandingan Struktur dan Kinerja Rantai Pasok Melalui Sub Terminal Agribisnis (STA) dan Pedagang Pengumpul di Provinsi Sumatra Barat, Indonesia
Abstract
Pemasaran produk pertanian pada umumnya memiliki mata rantai panjang, dan bergantung pada pelaku pasar tingkat hilir sehingga memberikan keuntungan yang rendah bagi produsen. STA merupakan lembaga pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah bagi petani dengan memperpendek rantai pasok. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan rantai pasok melalui lembaga STA dan lembaga pedagang pengumpul, 2) menganalisis kinerja rantai pasok melalui lembaga STA dan lembaga pedagang pengumpul. Metode yang digunakan adalah kerangka analisis Food Supply Chain Network (FSCN) dan efisiensi pemasaran dengan pendekatan margin pemasaran dan farmer’s share. Hasil penelitian menunjukan bahwa rantai pasok mentimun melalui lembaga STA atau pedagang pengumpul sudah berjalan dengan baik, pada lembaga STA terdapat lima saluran pemasaran sedangkan pada lembaga pedagang pengumpul terdapat empat saluran pemasaran. Nilai margin pemasaran pada lembaga STA sebesar 32 persen dengan nilai farmer’s share sebesar 67,9 persen. Sedangkan pada lembaga pedagang pengumpul nilai margin pemasaran sebesar 35 persen dengan nilai farmer’s share sebesar 65,1 persen. Hal ini menunjukkan bahwa antara lembaga STA dan lembaga pedagang pengumpul yang lebih efisien adalah melalui lembaga STA. Oleh karena itu dalam mengoptimalkan lembaga STA perlu adanya diseminasi kepada petani.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghfian, R. V., Isyanto, A. Y., & Sudrajat. (2020). Saluran Dan Marjin Pemasaran Mentimun (Cucumis Sativus L). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(1), 250–258. https://doi.org/10.25157/jimag.v7i1.2621
Alfons, J. B. (2007). Benih untuk ketahanan pangan. Prosiding Seminar Nasional : Akselerasi Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi Mendukung Ketahanan Pangan Di Wilayah Kepulauan BPTP Maluku - Pemda Prov. Maluku - Universitas Pattimura. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Maluku , ISSN/ISBN : 978-979, 439–452.
Baladina, N. (2012). Analisis Struktur, Perilaku, Dan Penampilan Pasar Wortel Di Sub Terminal Agrobisnis (STA) Mantung (Kasus pada Sentra Produksi Wortel di Desa Tawangsari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang). AGRISE, XII(2), 1412–1425.
Basodan, H. (2016). Process View of a Supply Chain. International Journal of Scientific & Engineering Research, 7(4), 663–668. http://www.ijser.org
Croxton, K. L., García-Dastugue, S. J., Lambert, D. M., & Rogers, D. S. (2001). The Supply Chain Management Processes. The International Journal of Logistics Management, 12(2), 13–36. https://doi.org/10.1108/09574090110806271
Dahliana, A. B., & Tahir, R. (2021). Strategi Pemasaran Jagung Hibrida Sebagai Program Unggulan Daerah di Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Agro Bali: Agricultural Journal, 4(1), 106–115. https://doi.org/10.37637/ab.v0i0.658
Dewi, S. K. S., Antara, M., & Arisena, G. M. K. (2021). Pemasaran Cengkeh di Desa Penyaringan Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Indonesia. Agro Bali : Agricultural Journal, 4(2), 246–259. https://doi.org/10.37637/ab.v4i2.719
Hortikultura, D. J. (2020). Revisi I Direktorat Jenderal Hortikultura.
Imtiyaz, H., & Soni, P. (2013). Evaluation of marketing supply chain performance of fresh vegetables in Allahabad district , India. International Journal of Management Sciences and Business Research, 3(1), 72–83. http://www.ijmsbr.com
Iswahyudi, N., & Sustiyana, N. (2019). Pola Saluran Pemasaran Dan Farmer’S Share Jambu Air Cv Camplong. Jurnal Hexagro, 3(2), 33–38. https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i2.277
Kartina, K., Karlina, W., & Mardhiana, M. (2020). Pengaruh Ekstraksi Benih Mentimun dengan Sodium Hipoklorit (NaOCl) dan Teknik Pengeringan Benih terhadap Pertumbuhan Vegetatif Mentimun (Cucumis sativus). Biota : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Hayati, 5(September), 163–171. https://doi.org/10.24002/biota.v5i3.4556
Kasim, M., Sudarman, & Irfan, M. (2021). Rekomendasi Rumusan Kebijakan Majelis Pertimbangan Kelitbangan Sumatera Barat. Majelis Pertimbangan Kelitbangan Sumatra Barat.
Khomsiah, K., M, A., & Widyarini, I. (2021). Analisis Kinerja Sub Terminal Agribisnis Kutabawa (Studi Kasus pada Pemasaran Sayuran Bawang Daun, Petsai dan Caisim di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5(3), 667–678. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.03.6
Lambert, D. M. (2014). Supply Chain Management: Processes, Partnerships, Performance, Chapter 1 Supply Chain Management. The International Journal of Logistics Management, Vol. 11, No. 1, January 2014. https://doi.org/10.1007/978-3-8349-6515-8
Lestari, P.-. (2012). Performance and Continuity Prospect of Sub Terminal Agribisnis Sewukan, Kabupaten Magelang in Increasing Farmer’s Wealth in Merapi Merbabu Area after Merapi Eruption. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 8(1), 65. https://doi.org/10.14710/pwk.v8i1.11559
Mallick, P. K. (2022). Evaluating Potential Importance of Cucumber (Cucumis sativus L. -Cucurbitaceae): A Brief Review. International Journal of Applied Sciences and Biotechnology, 10(1), 12–15. https://doi.org/10.3126/ijasbt.v10i1.44152
Managanta, A. A. (2018). Kemandirian Petani dalam Meningkatkan Produktivitas Usahatani Kakao di Provinsi Sulawesi Tengah. Https://Repository.Ipb.Ac.Id/Handle/123456789/93841, 1–279. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93841
Maulani, F., Suraji, A., & Istijono, B. (2014). Analisis Struktur Rantai Pasok Konstruksi Pada Pekerjaan Jembatan. Jurnal Rekayasa Sipil (JRS-Unand), 10(2), 1. https://doi.org/10.25077/jrs.10.2.1-8.2014
Mekasha, J., Gebre Tirfe, G., & Author, C. (2019). Assessing Factors Affecting marketing of vegetable product: The Case of Qewet woreda, Ethiopia. 21(4), 82–93. https://doi.org/10.9790/487X-2104048293
Negi, S., & Anand, N. (2015). Issues and Challenges in the Supply Chain of Fruits & Vegetables Sector in India: A Review. International Journal of Managing Value and Supply Chains, 6(2), 47–62. https://doi.org/10.5121/ijmvsc.2015.6205
Noni, S., Darmawan, D. P., & Suarthana, W. (2015). Prospek Pembangunan Sub Terminal Agribisnis Dalam Rangka Perbaikan Kinerja Petani Di Wilayah Timur Kabupaten Sikka Abstract The Prospect of The Construction of Sub Terminal Agribusiness in Order to Repair- Performance Marketing and an Increase an The Inco. Jurnal Manajemen Agribisnis, 3(1), 53–59.
Rahman, Y. A., Safitri, R., & Cahyono, E. D. (2020). Motif Petani Dalam Memilih Pasar ( Kasus di Sub Terminal Agribisnis Terpadu Taniran Kabupaten Hulu Sungai Selatan ). 17(1), 33–39. https://doi.org/10.20961/sepa.v17i1.39652
Saswita, R. (2010). Perbedaan Pendapatan Petani Yang Menggunakan Sub Terminal Agribisnis (Sta) Dengan Yang Tidak Menggunakan Sta Sebagai Lembaga Pemasaran Di Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat. [Tesis] : Depok. Universitas Indonesia.
Sheoran A, R. M. (2015). Scope of Supply Chain Management in Fruits and Vegetables in India. Journal of Food Processing & Technology, 06(03). https://doi.org/10.4172/2157-7110.1000427
Srivastava, A., Vyas, V., & Gurtu, A. (2022). Supply Chain Management and the United Nations Sustainable Development Goals. Operations and Supply Chain Management: An International Journal, September, 505–515. https://doi.org/10.31387/oscm0510362
Tomy Perdana dan Fernianda Rahayu Hermiatin. (2019). Rantai Pasokan Cerdas; Menyajikan Peluang Yang Belum Pernah Ada Sebelumnya Untuk Mengelola Rantai Pasokan Pertanian. Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE), 2(4). https://doi.org/10.32734/ee.v2i4.685
V. Nicodème Fassinou Hotegni, Willemien J. M. Lommen , Jack G. A. J. Van der Vorst Euloge K. Agbossou, and P. C. S. (2014). Bottlenecks and Opportunities for Quality Improvement in Fresh Pineapple Supply Chains in Benin. International Food and Agribusiness Management Review Volume 17 Issue 3, 1(3), 1–22.
VAN DER VORST, J. G. A. J. (2006). Performance measurement in agri-food supply-chain networks. Quantifying the Agri-Food Supply Chain, 15–26. https://doi.org/10.1007/1-4020-4693-6_2
Xiang, Z. W. W. (2013). The Importance of Supply Chain Collaboration. International Journal of Business and Social Science, 4(16), 279–282. https://doi.org/10.1007/978-1-4471-4591-2
Yompi, B., Handayawati, H. S., & Kusumawardani, N. D. (2020). Organic Vegetables Marketing Model. J Food Life Sci, 4(2). https://doi.org/10.21776/ub.jfls.2020.004.02.01
Refbacks
- There are currently no refbacks.