PENGARUH PERIKLANAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN PENJUALAN PERSEORANGAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DARI PRODUK LPP RRI SINGARAJA

Novi Yanti Rahayu, I Gde Made Metera, Ni Putu Sri Wati

Abstract

Perusahaan perlu memberikan suatu informasi mengenai produk mereka, sehingga konsumen mengenal dengan baik produk yang ditawarkan dan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh informasi mengenai produk yang dibutuhkannya. Perusahaanmemerlukan strategi pemasaran yang tepat dan salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah melalui bauran promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh periklanan, promosi penjualan dan penjualan perseorangan terhadap kepuasan konsumen dari produk LPP RRI Singaraja. Hasil uji instrumen menunjukkan hasil yang valid dan reliabel dari seluruh item pertanyaan. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan data berdistribusi normal dan terbebas dari masalah multikolinearitas serta heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = -2,300 + 0,155 X1 + 0,303 X2 + 0,437 X3. Koefisien determinasi menunjukkan pengaruh sebesar 95,4%. Hal tersebut menjelaskan bahwa terjadi hubungan antara pengaruh periklanan, promosi penjualan dan penjualan perseorangan terhadap kepuasan konsumen dari produk LPP RRI Singaraja95,4% sementara 4,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan pengaruh periklanan dan promosi penjualan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Penjualan perseorangansecara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji F menunjukkan bahwa pengaruh periklanan, promosi penjualan dan penjualan perseorangan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel dominan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumenadalah variabelpenjualan perseorangan (X3)sebesar 0,554. LPP RRI Singaraja tetap melakukan periklanan sebagai sarana pengenalan awal kepada calon konsumen dan meningkatkan kualitas pelayanan dari produk iklan LPP RRI Singaraja. Terkaitpelaksanaanpromosipenjualan, disarankanLPP RRI Singaraja melakukan survei konsumen produkiklan mengenai tanggapan responden. Disarankan adanyawebsiteperusahaan yang lebih terkesan jaman now serta Media Sosial lainnya sesuai perkembangan jaman yang ada sekarang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.