MANAJEMEN PELAYANAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BULELENG

Kadek Milda Pramita, Dewa Made Joni Ardana

Abstract

Pelayanan administrasi kependudukan di Disdukcapil merupakan suatu kegiatandalam rangka tertib administrasi kependudukan dan kepemilikan dokumen kependudukanbagi setiap warga negara. Untuk itulah petugas harus mengedepankan manajemenpelayanan untuk mencapai kualitas pelayanan supaya masyarakat mau dan sadar terhadaptertib administrasi kependudukan dan memiliki dokumen kependudukan.Dalam penelitian ini, beberapa pokok permasalahan dapat dirumuskan yaitu : 1)bagaimanakah manajemen pelayanan administrasi kependudukan di DisdukcapilKabupaten Buleleng ?;2) faktor-faktor apakah yang menjadi pendukung dan penghambatmanajemen pelayanan administrasi kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Buleleng ?Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan jenis penelitiankualitatif dengan maksud memperoleh gambaran yang jelas tentang manajemenpelayanan administrasi kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Buleleng. Pengambilaninforman menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan pengumpulan datanyamenggunakan teknik observasi, wawancara dan pemanfaatan dokumen. Analisis datadilakukan sepanjang proses penelitian,dengan tahapan :pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, serta simpulan dan verifikasi.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan fakta bahwa manajemen pelayananadministrasi kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Buleleng meliputi perencanaanyang merupakan fungsi dasar manajemen, pengorganisasian, pengarahan,pengkoordinasian, dan pengendalian yang merupakan fungsi terakhir dari prosesmanajemenFaktor pendukung manajemen pelayanan administrasi kependudukan diDisdukcapil Kabupaten Buleleng dari sisi internal adalah adanya SOP pelayanan dantersedianya SDM yang berkompeten serta adanya sarana dan prasarana yang mendukungpelayanan. Faktor pendukung eksternalnya adalah adanya dukungan dan kejasamadengan instansi lain khususnya pemerintah desa/kelurahan. Faktor penghambatinternalnya adalah masalah teknis yaitu adanya gangguan jaringan internet dan peralatankhususnya printer mengalami kerusakan. Sedangkan faktor penghambat eksternalnyaadalah masih adanya masyarakat yang belum mengetahui persyaratan yang harusdilengkapi dan dibawa ketika mengurus dokumen kependudukan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.