PERAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UMKM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran infrastruktur teknologi dalam mendukung strategi pemasaran digital bagi UMKM. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review dengan pendekatan PRISMA untuk mengkaji studi sebelumnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi seperti big data, media sosial, dan analitik data memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan efisiensi pemasaran dan penargetan pasar. Namun, UMKM menghadapi kendala, seperti keterbatasan akses terhadap infrastruktur teknologi dan literasi digital yang rendah. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan, investasi strategis, serta penggunaan alat digital yang terjangkau untuk membantu UMKM memaksimalkan potensi teknologi dalam pemasaran digital.
Full Text:
PDFReferences
Anjani, R. W., 2024. Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital. INTERDISIPLINJournal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), pp. 29-40.
Bindarto, B., 2022. Strategi Pengembangan UMKM Dengan Memanfaatkan Peluang Ekonomi Digital Untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi.
Chiu, T. K. F. et al., 2023. Systematic literature review on opportunities, challenges, and future research recommendations of artificial intelligence in education. Computers and Education: Artificial Intelligence, pp. 1-15.
Fitriani, D. & Putra, A., 2022. Systematic Literature Review (SLR): Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional. Journal of Mathematics Education and Learning (JoMEaL), 2(1), pp. 18-26.
Gusmiarti, I., 2024. 27 Juta UMKM Telah Go Digital Hingga 2023. [Online] Available at: https://data.goodstats.id/statistic/27-juta-umkm-telah-go-digital-hingga-2023-gXpaM [Diakses 21 12 2024].
Humaira, F. R., 2022. Pemanfaatan Internet oleh Pelaku Usaha Digital. [Online] Available at: https://databoks.katadata.co.id/ekonomi-makro/statistik/6383e4489896d85/pemanfaatan-internet-oleh-pelaku-usaha-digital [Diakses 21 12 2024].
Jeffry, J. et al., 2024. Strategi Implementasi Teknologi Informasi Manajemen Untuk Kesuksesan Bisnis. Vifada Management and Social Sciences , 2(1), pp. 16-23.
Juliantari, H. I. et al., 2024. Analisis Pengaruh E-Commerce : Studi Literatur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi UMKM. Seminar Nasional Paedagoria, Volume 4, pp. 585-596.
Mardikaningsih, R. & Darmawan, D., 2023. Strategi Inovasi Bisnis Sebagai Upaya Peningkatan Keunggulan Kompetitif Dan Pertumbuhan Bisnis UMKM Industri Kreatif Di Era Digital. GLORY ( Global Leadership Organizational Research in Management) , 1(4), pp. 371-386.
Masrianto, A., Hartoyo, H., Hubeis, A. V. S. & Hasanah, N., 2022. Digital Marketing Utilization Index for Evaluating and Improving Company Digital Marketing Capability. Journal of Open Innovation : Technology, Market, and Complexity, 8(3), pp. 1-18.
Naufal, H. A., 2021. Literasi Digital. Perspektif, 1(2), pp. 195-202.
Putri, D. A. M., 2024. Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Mempromosikan Produk Lokal Nusantara untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. International Waqaf Ilmu Nusantara Library.
Ranjani, E., Fasa, M. I. & Susanto, I., 2024. Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Indonesia. JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), pp. 7443-7452.
Rizqina, R. R. N. & Wikartika, I., 2024. Integrasi Sosial Media Dalam Strategi Digital Marketing Sebagai Wadah Promosi Bisnis Kudapan Nini. JURNAL SOSIAL & ABDIMAS, 6(1), pp. 11-18.
Sandiva, T. V. & Veri, J., 2024. Analisis Pengaruh Digital Marketing terhadap Pertumbuhan Penjualan UMKM Tinjauan Menggunakan Metode Systemati Literature Review. AD DIWAN Journal of Islamic Economics, 4(1), pp. 85-93.
Saptarianto, H., Deviani, S., Anah, S. I. & Noviyanti, I., 2024. Menghadapi Tantangan Era Digital, Strategi Integrasi Media Sosial, Literasi Digital dan Inovasi Bisnis. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, 2(3), pp. 128-139.
Susanto, B. et al., 2020. Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. COMMUNITY EMPOWERMENT, 6(1), pp. 42-47.
Zuhroh, N. F. & Pradhani, F. A., 2024. Peran Sistem Informasi Dalam Implementasi Digital Marketing: A Systematic Literature Review. JIMBis : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 3(2), pp. 174-187.
Refbacks
- There are currently no refbacks.