Peran Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Luh Putu Ary Sri Tjahyanti, Putu Satya Saputra, Made Santo Gitakarma

Abstract


Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu teknologi di era Revolusi Industri 4.0 yang sangat berguna untuk diterapkan. Artificial Intelligence (AI) adalah kecerdasan buatan yang merupakan pemodelan dari kecerdasan manusia yang diterapkan dalam suatu mesin untuk pembuatan mesin cerdas. Kita saat ini dipaksakan untuk beralih kebisaaan dalam dunia pendidikan dikarenakan adanya pandemik menyebarnya virus covid -19 yang menyebar ke penjuru dunia, menyebar begitu cepat dan dahsyat mengguncang dunia dalam waktu yang singkat. Kejadian ini memaksakan seluruh umat manusia untuk tidak beraktifitas alias lockdown. Hal ini mengakibatkan proses belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet, serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Lembaga pendidikan termasuk sekolah mau tidak mau harus beradapatasi, dimana kegiatan belajar mengajar tidak lagi dilakukan secara tatap muka (luring), namun lebih menekankan pada pembelajaran jarak jauh (daring) yang cenderung memanfaatkan teknologi khususnya teknologi informasi sebagai medianya. Dunia pendidikan memerlukan inovasi dan kreativitas dalam proses pembelajaraannya. Dengan perkembangnya Artificial Intelligence di dalam bidang pendidikan untuk membatu proses kegiatan sehari-hari termasuk belajar-mengajar.

Full Text:

PDF

References


BARR, A., EDWARD A. FEIGENBAUM, PAUL R. COHEN. 1982. The Handbook of Artificial Intelligence. Wiley Inc. New York.

FAUZIAH dan HEDWIG, R. 2010. Pengantar Teknologi Informasi. Maura Indah. Bandung.

KEMENKES RI. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease Covid-19 Revisi 5. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

KUSUMADEWI, S., 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu..

MUNIR, 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung:Alfabeta.

RICH, ELAINE, dan KEVIN KNIGHT. 1991. Artificial Intelligence. McGraw-Hill Inc. New York.

TEACHTOUGHT. 2022. 10 Roles For Artificial Intelligence In Education. https://www.teachthought.com/the-future-of-learning/roles-for-artificial-intelligence-in-education/ [Diakses 10 September 2022]

WHO. 2020. Coronavirus disease 2019 (COVID-19) situation report-94. WHO.


Refbacks