Penerapan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer Pada Aplikasi E-Learning UNIPAS Singaraja

Luh Putu Ary Sri Tjahyanti, Made Santo Gitakarma

Abstract


E-Learning merupakan usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah dan kampus ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet. Dimana E-learning terdiri dari berbagai macam media dan aplikasi, baik untuk sumber belajar, sharing, maupun interaksi sosial melalui jaringan internet. Dengan teknologi informasi ini dapat berperan sebagai yang menyediakan informasi antara siswa dan pelajar, sumber belajar dan sarana untuk mengefektifkan evaluasi pembelajaran. Namun tidak semua e-learning yang ada dapat digunakan secara efektif dan efisien dalam memfasilitasi mahasiswa ketika menjalankan perkuliahan online. Untuk itu perlu untuk diterapkan sebuah konsep Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) ke dalam website dengan tujuan E-learnig dapat lebih interaktif dan dapat terus berkembang serta memberikan dampak yang positif bagi perkuliahan online yang sedang berlangsung maupun perkuliahan yang akan datang. Penulis menggunakan metode evaluasi heuristik untuk mengevaluasi desain antarmuka website e-learning Universitas Panji Sakti (UNIPAS) Singaraja untuk pengembangan website e-learning serta membuat kuisioner online untuk mehasiswa memberikan tanggapan mengenai desain antarmuka pada website e-learning UNIPAS Singaraja.

Full Text:

PDF

References


A. A. Nugroho, “Pemanfaatan E-Learning Sebagai Salah Satu Bentuk Penerapan TIK Dalam Proses Pembelajaran,” Syria Stud., vol. 7, no. 1, pp. 37–72, 2015.

A. Qashim, R. Gernowo, and T. Prahasto, “Evaluasi Human Machine Interface Menggunakan Kriteria Usability Pada Sistem E-learning Perguruan Tinggi,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 02, 2014..

Beny and Herti Yani, “Identifikasi Karakteristik Riset Interaksi Manusia dan Komputer di Indonesia : Alur , Metodologi , dan Arahnya di Masa Mendatang,” vol. 15, no. 1, pp.74–85, 2020.

Eka Prihatin. 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

M. A. Rahman, R. Amarullah, and K. Hidayah, “Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil,” J. Borneo Adm., vol. 16, no. 1, pp. 101–116, 2020, doi:10.24258/jba.v16i1.656.

M. S. Hartawan, “Analisis User Experience Untuk User Interface Pada Website Fortis . Id,” J. Teknol. Inf. ESIT, vol. XIV, no. 01, pp. 51–56, 2019.

P. Studi and S. Teknik, “Modul materi interaksi manusia dan komputer,” pp. 1–75, 2020.

S. Aprudi, “Penerapan Konsep Interaksi Manusia Dan Komputer Pada Sistem Informasi Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Musi Rawas”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.