PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENCEGAHAN KEHAMILAN DI LUAR NIKAH MELALUI LITERASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA

Putu Abda Ursula, Ni Luh Yaniasti, Gede Danu Setiawan, I Gusti Ngurah Puger, Kadek Yati Fitria Dewi, I Nyoman Mudarya, Luh Putu Ary Sri Tjahyanti, Dyah Siswanti, Rofi’ud Darojatin Nisaa, Anak Agung Istri Agung Pradnyani, Retno Indriaswuri

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Universitas Panji Sakti, dengan memberikan pemahaman mengenai pencegahan kehamilan di luar nikah pada peserta didik/remaja. Pemahaman mengenai upaya pencegahan ini dilakukan dengan cara memberikan penjelasan mengenai kehamilan di luar nikah dan cara menjaga kesehatan reproduksi pada remaja. Selanjutnya para guru BK diberi kesempatan untuk mengisi lembar kerja terkait dengan perkembangan peserta didik berdasarkan usianya. Selanjutnya para guru BK masuk ke dalam kelompok sesuai jenjangnya (SMP,SMA,SMK) untuk melakukan diskusi tentang tugas perkembangan yang sudah terlaksana maupun belum terlaksana. Karena tugas perkembangan peserta didik erat kaitannya dengan permasalahan pada diri peserta didik yang menunjukkan kurang matangnya dan berkembangnya tugas perkembangan yang dimiliki. Kemudian guru BK diminta untuk memetakan tugas perkembangan yang urgensi untuk dilakukan, setelah itu para guru BK membuat RPLBK terkait dengan tugas perkembangan yang ada. Melalui kegiatan ini para guru BK diharapkan memiliki pemahaman yang lebih luas terkait pencegahan kehamilan di luar nikah pada peserta didik. Hasil pengabdian dapat dipergunakan untuk memahami lebih awal permasalahan-permasalahan yang terjadi pada siswa serta membantu guru Bimbingan dan Konseling dalam menyusun program kerja selanjutnya.

Full Text:

PDF

References

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. PT. Remaja Rosda Karya : Bandung.

Hurlock. 1992. Psikologi Perkembangan. Erlangga : Jakarta.

Ikatan Dokter Anak Indonesia. 2013. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kesehatan-reproduksi-remaja-dalam-aspek-sosial . Diakses pada 27 Juni 2021.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Hallo Sehat). Mengulik Fungsi dan Organ Penting Dalam Sistem Reproduksi Manusia. https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/sistem-reproduksi-manusia/ . Diakses Pada 27 Juni 2021.

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta : Jakarta.

Prayitno, & Erman,Amti. 2007. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Sarwono, Sarwito Wirawan. 2008. Psikologi Remaja. Grafindo Persada : Jakarta.

WHO. https://www.who.int/reproductivehealth/topics/adolescence/education/en/ . Diakses pada 27 Juni 2021.

Willis, Sofyan. 2010. Konseling Individual Teori Dan Praktek. Alfabeta : Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.