MENGENALI POTENSI DIRI UNTUK MENJADI REMAJA PRODUKTIF DI MASA PANDEMI COVID-19

Rofi’ud Darojatin Nisaa, Ni Luh Yaniasti, Gede Danu Setiawan, I Gusti Ngurah Puger, Kadek Yati Fitria Dewi, I Nyoman Mudarya, Luh Putu Ary Tjahyanti, Dyah Siswanti, Putu Abda Ursula, Anak Agung Istri Agung Pradnyani, Retno Indriaswuri

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SMK Pariwisata Triatmajaya Singaraja, dengan memberikan pemahaman mengenai pentinganya mengenali potensi diri dan pemahaman mengenai remaja produktif. Pemahaman potensi diri dimaksimalkan dengan pemberian tes MBTI. Selanjutnya siswa diberikan pemahaman mengenai cara mengimplementasikan hasil tes MBTI pada kehidupan sehari-hari agar dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga menjadi remaja yang produktif melalui pendampingan-pendampingan kelompok sesuai dengan tipe kepribadian yang dimiliki. Tidak jarang para remaja masih belum memahami potensi apa yang ada dalam dirinya sehingga masih merasa bimbang dalam menentukan hal-hal apa yang harus dilakukan, untuk itu konselor membantu siswa agar mampu mengenali potensi yang dimiliki sehingga dapat mengembangkan potensi tersebut secara optimal dan menjadi remaja yang produktif. Melalui kegiatan ini siswa diharapkan mampu mengelola waktu dengan baik dan mengisi waktu luang yang dimiliki dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat, sehingga tidak muncul lagi permasalahan-permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran daring maupun pengerjaan tugas-tugas yang diberikan. Hasil tes MBTI dapat dipergunakan untuk memahami lebih awal permasalahan-permasalahan yang terjadi pada siswa serta membantu guru Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan progran penempatan dan penyaluran berdasarkan kepribadian masing-masing siswa.

Full Text:

PDF

References

Allen, M.J. & Yen, W.M. 1979. Introduction to Measurement Theory. Monterey, CA: Brooks/Cole.

Ali, M. & Asrori, M..2006. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyono, Bambang Tri. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Badan Penerbit IPWI.

Gregory, R.J. 1996. Psychological Testing. History, Principles, and Applications. Boston: Allyn and Bacon.

Habsari, Sri. 2005. Bimbingan & Konseling SMA Kelas XI. Jakarta:Grasindo.

Havigurst, Robert J. 1985. Psikologi Perkembangan. Surabaya: Sinar Wijaya.

Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

John D. Bransford. 2003. The Best Years Emosi Anak Dimasa Remaja. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.

Majdi, Udo Yamin Efendi. 2007. Quranic Quotient. Jakarta: Qultum Media.

Mappiare, Andi. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Prihadhi, Endra K. 2004. My Potensi. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Putri, Agnes. 2019. Produktif di Usia Remaja. Tersedia online di https://www.kompasiana.com/agnesputri/5df98507d541df0cdc103fc2/produktif-di-usia-remaja

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2006. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali.

Yusuf LN Syamsu. 2006. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.