PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN TEKNOLOGI KNOWLEDGE GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) PELITA KASIH SINGARAJA

Luh Putu Ary Sri Tjahyanti, Putu Aditya Pratama, Gede Rai Sutama, Putu Satya Saputra

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini telah berkembang sangat pesat dan hampir telah mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia. Dalam era teknologi informasi ini ditandai dengan kecepatan dan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan dalam revolusi industri 4.0 membuat perubahan dalam gaya belajar dalam kegiatan pembelajaran. Guru dituntut untuk mengikuti proses pembelajaran digital yang interaktif dan mampu meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pelatihan aplikasi Canva bagi guru-guru sekolah taman kanak-kanak, dilaksanakan untuk mengoptimalkan kemampuan techonological knowledge yang harus dikuasi oleh guru-guru dalam memanfaatkan aplikasi-aplikasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan kepada guru-guru di TK Pelita Kasih Singaraja. Pelatihan ini dilaksanakan salama satu hari, dengan melibatkan guru-guru pengajar di TK Pelita Kasih Singaraja. Tujuan yang ingin dicapai pada pelaksanaan pelatihan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Canva untuk mendesain perangkat dan media pembelajaran. Pelaksanaan pelatihan dilakukan tenaga Dosen prodi Teknologi Informasi fakultas Teknik Universitas Panji Sakti.

Full Text:

PDF

References

Ardiyanto & Sukoco. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Tuna Grahita Ringan.

Amaliah, Raden Rizky; Fadhil, Abdul; Narulita, Sari. 2014. Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMAN 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an.

Canva. 2021. Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Indonesia, A. P. 2015. APJII. Retrieved Desember 15, 2018, from https://apjii.or.id/content/read/39/27/PROFIL-PENGGUNA-INTERNET-INDONESIA-2014

Pelangi, Garris. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Tiawan, Musawarman, Luthfiyah Sakinah, Nopi Rahmawati. Dan Hamzah Salman. 2020. Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK Di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/417

Yana, Dewi dan Adam. 2019. Efektivitas Penggunaan Platform Lms Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/view/1816

Yanez, C., Okada, A., dan Palau, R. 2015. New learning scenarios for the 21 st century related to Education, Culture, and Technology. Universities and Knowledge Society Journal, 12(2), 87-102.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.