Peningkatan Kualitas Penyuluh Pertanian dengan Penerapan Metode Blended Learning di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan Malang
Abstract
Dalam sistem pembelajaran saat ini terdapat dua metode pembelajaran yaitu metode konvensional tanpa menggunakan sistem digital dan metode blended Learning dalam proses belajar mengajar yang mengkombinasikan sistem pendidikan konvensional dengan sistem yang serba digital. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran blended learning terhadap aspek kognitif peserta pelatihan di BBPP Ketindan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga Juni 2021. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden 120 orang yang terbagi dalam 2 (dua) kelas yaitu eksperimen (blended learning) dan kontrol (konvensional). Analisis data penelitian menggunakan uji t-test. Penerapan metode blended learning menghasilkan peningkatan aspek kognitif yang signifikan dengan nilai rata-rata sebesar 4,26 dan kategori sangat tinggi dibandingkan dengan metode konvensional yang hanya mampu meningkatkan aspek kognitif sebesar 3,66 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa perlakuan atau treatment pada metode blended learning lebih efektif terutama dalam pendalaman dan pemantapan materi sehingga tingkat pemahaman peserta lebih tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. (2018). Pola Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Bagi Aparatur Pemerintah dalam Menghadapi Tantangan Global (Studi Kasus Pada Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Di KESDM). Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 21(1), 19–48.
Ardiansyah, M. (2016). Pengaruh Metode Partisipatori terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 61–69. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1012
Arta, G. J., Ratminingsih, N. M., & Hery Santosa, M. (2019). The Effectiveness Of Blended Learning Strategy On Students’ Writing Competency Of The Tenth Grade Students. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(1), 29. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i1.13501
Amaluis, D. (2014). Analisis Efektivitas Program pelatihan Diklat Pim Iii terhadap Kompetensi Pejabat Eselon iii Di Pemerintah Kabupaten. Journal of Economic and Economic Education, 3(1), 18–26.
Banerjee, G. (2010). Blended Learning Environments : Student Satisfaction and Institutional Responses at a Small College in the US. Journal of Asychronous Learning Networks, 15(1), 3380–3386.
Bhinnety, M. (2015). Struktur Dan Proses Memori. 16(2), 74–88. https://doi.org/10.22146/bpsi.7375
Bibi, S. (2015). Efektivitas Penerapan Blended Learning Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(2), 274–286.
Bloom, B. (1986). Taxonomy of Educational Objectives. Handbook. Vol 1: Cognitive Domain. David McKay Co Inc.
Chaeruman, U. A. (2019). Merancang Model Blended Learning Designing Blended Learning Model. Jurnal Teknodik, 17(4), 053. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.577
Gagne, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (1974). Principles of instructional design. Holt, Rinehart and. Winston.
Jamil, A. S., Fitri, A., Hidayat & Saty, F. M. (2021). A Case Study on the Impact of Partisipasi Anggota Ikatan Alumni Magang Jepang Terhadap Kelembagaan Petani. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2), 1271–1278. http://dx.doi.org/10.25157/ma.v7i2.5221
Loukis, E., Georgiou, S., & Pazalos, K. (2007). A value flow model for the evaluation of an e-learning service. Proceedings of the 15th European Conference on Information Systems, ECIS 2007, 370–382.
Renner, D., Laumer, S., & Weitzel, T. (2014). Effectiveness and efficiency of blended learning - A literature review. 20th Americas Conference on Information Systems, AMCIS 2014, 1–13.
Rodiyana, R. (2018). Analisis Model Cooperative Learning Type Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 87-97.
Sudarman, S. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Blended Learning Terhadap Perolehan Belajar Konsep Dan Prosedur Pada Mahasiswa Yang Memiliki Self-Regulated Learning Berbeda. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 21(1), 107–117.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.