Optimalisasi Pemanfaatan Sekam Padi Menjadi Briket Arang Sekam untuk Menambah Pendapatan Petani di Desa Sukamaju, Jawa Barat

Nanang Ali Sutisna, Filda Rahmiati, Grace Amin

Abstract

 Salah satu upaya untuk menambah pendapatan para petani adalah dengan mengolah limbah padi menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual seperti arang sekam atau briket. Arang sekam memiliki banyak manfaat baik di dunia pertanian maupun untuk kebutuhan industri. Sekam padi dari hasil panen yang berlimpah, oleh sebagian petani biasanya dibakar untuk dijadikan pupuk, ada juga yang dijual langsung dengan harga yang sangat murah. Berdasarkan permasalahan tersebut, muncul ide untuk membuat alat-alat untuk memproses sekam padi menjadi produk yang bernilai jual lebih tinggi,  yaitu untuk pembakaran sekam menjadi arang sekam yang kemudian diolah lebih lanjut menjadi produk akhir berupa briket. Briket arang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak, penerangan, maupun industri. Penelitian ini diawali dengan mengadakan pertemuan dengan komunitas petani di Desa Sukamaju, Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi untuk mengetahui kondisi dilapangan dan mengumpulkan data yang dibutuhkan. Proses berikutnya adalah merancang dan membuat alat pembuat arang sekam dan mesin pencetak arang sekam menjadi briket. Rancangan alat pembuat arang dilakukan untuk membuat arang dengan mempertimbangkan aliran udara saat pengarangan agar menghasilkan waktu yang lebih cepat dan mengurangi penyebaran asap, sedangkan pada perancangan mesin cetak briket arang dilakukan perhitungan kekuatan komponen mesin cetak yang diperlukan.  Setelah alat yang dibutuhkan selesai, dilakukan uji coba alat dan hasilnya memperlihatkan bahwa proses pembuatan arang membutuhkan waktu 20-30 menit untuk 10 kg sekam. Sedangkan hasil perhitungan komponen mesin cetak menunjukkan bahwa mesin cetak aman untuk digunakan. Hasil observasi menemukan bahwa saat ini sekam dihargai Rp 1000 per kg, dan arang sekam Rp 3000 sampai Rp 5000 per kg, sedangkan harga jual briket arang sekam bisa mencapai Rp 15.000 per kg. Dengan demikian, pengolahan sekam padi menjadi briket arang secara ekonomis akan lebih menguntungkan bagi para petani.

Keywords

briket arang; mesin cetak briket; pendapatan petani; sekam padi

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi. (2018). Kecamatan Tambelang Dalam Angka.

Baderan, D. W., & Hamidun, M. S. (2016). Pemanfaatan Sekam Padi Sebagai Bahan Bakar Alternatif dan Pupuk Organik Yang Ramah Lingkungan Di Desa Lakeya Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo.

Bono, Wahyono, & Burhani, M. . (2017). Analisis Konsumsi Batubara Spesifik Ditinjau dari Nilai Kalor Batubara dan Perubahan Beban di PLTU Tanjung Jati B Unit 2. Eksergi Jurnal Teknik Energi, 13(2), 50–53.

Cahyono, J. F. (2017). Perancangan Alat Pencetak Briket Arang Sekam Padi Berkapasitas 180 Briket/Jam. Universitas Muhammadiyah Malang.

Huang, H. C. (2016). How does meetings, incentives, conventions, and exhibitions industry attract exhibitors? Asia Pacific Journal of Tourism Research, 21(1), 73–93.

Kannan, P. K., Chang, A. M., & Whinston, A. B. (1998). Marketing information on the I-way. Communication of the Association for Computing Machinery, Inc., 41(3).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (Seventeent). United States: Pearson Education.

Mandey, L. C., & Tarore, D. (2015). Pengembangan Produksi Biobriket Dari Limbah Hasil Pertanian Sebagai Bahan Bakar Pengganti Minyak Tanah dan Gas. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan, 3(2), 1–7.

Nurhilal, M., & Tarigan, R. A. P. (207AD). Karakteristik Briket Arang Sekam Padi dan Arang Kulit Bawang Putih. Media Teknika Jurnal Teknologi, 12(2), 67–79.

Papilo, P. (2012). Briket pelepah kelapa sawit sebagai sumber energi alternatif yang bernilai ekonomis dan ramah lingkungan. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 9(2), 67–78.

Patabang, D. (2012). Karakteristik Termal Briket Arang Sekam Padi Dengan Variasi Bahan Perekat. Jurnal Mekanikal, 3(2), 286–292.

Raheem, A. R., Vishnu, P. A. R. M. A. R., & Ahmed, A. M. (2014). Impact of product packaging on consumer’s buying behavior. European Journal of Scientific Research, 122(2), 125–134.

Rahmiati, F., Amin, G., & German, E. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Padi Menjadi Arang Sekam Untuk Menambah Pendapatan Petani. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 159–164.

Sulmiyati, S. N. (2017). Pengolahan Briket Bio-Arang Berbahan Dasar Kotoran Kambing dan Cangkang Kemiri di Desa Galung Lombok, Kecamatan Tinambung, Polewali Mandar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 108–117.

Suparni. (2020). Kementan Terus Galakkan Pengendalian Ramah Lingkungan Untuk Atasi Hama Sundep dan Beluk. Retrieved September 30, 2020, from http://ditlin.tanamanpangan.pertanian.go.id/berita/137

Suryaningsih, S., Resitasari, R., & Nurhilal, O. (2019). Analysis of Biomass Briquettes Based on Carbonized Rice Husk and Jatropha Seed Waste by Using Newspaper Waste Pulp as an Adhesive Material. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1280, p. 022072). OIP Publishing.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.