PENGARUH DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR DAN NITROGEN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG MANIS (Zea mays-saccharata Sturt) PADA LAHAN KERING DI DESA TELAGA

Made Suarsana, Putu Sri Wahyuni, Made Maliastra

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis pupuk organik cair/POC, dosis pupuk nitrogen yang paling tepat, dan interaksinya terhadap pertumbuhan dan produksi jagung manis. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan September-November 2018 di Desa Telaga, Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng dengan ketinggian tempat ± 500 meter dari atas permukaan laut. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Faktorial (RAKF) dengan dua faktor. Faktor pertama: pemberian POC Plus (Pomi kuning) dengan tiga tingkatan, yaitu tanpa POC, Pemberian POC dosis 25 l/ha, dan POC dosis 50 l/ha. Faktor ke dua yaitu pemberian pupuk nitrogen dengan tiga tingkatan, yaitu tanpa pemberian nitrogen, pemberian nitrogen sebanyak 69 kg/ha, 138 kg/ha, dan 207 kg/ha. Pemberian POC berpengaruh sangat nyata terhadap hasil segar tongkol/ha. Penggunaan POC pada dosis 25 l/ha memberikan hasil segar tongkol/ha tertinggi, yaitu 27,83 ton. Hasil analisis regresi hubungan antara dosis POC (x) dengan hasil segar tongkol per hektar (ŷ) menunjukkan hubungan kuadratik, yaitu ŷ = 24,25 + 0,28x – 0,006x2 dengan R2 = 89,80%. Pemberian nitrogen berpengaruh sangat nyata terhadap hasil segar tongkol per hektar. Pemberian nitrogen pada dosis 138 kg/ha memberikan hasil segar tongkol per hektar tertingi, yaitu 28,30 ton. Hasil analisis regresi hubungan antara dosis nitrogen (x) dengan hasil tongkol per hektar (ŷ) menunjukkan hubungan kuadratik, yaitu ŷ = 20,663 + 0,0087x – 0,0003x2 dengan R2 = 88,28%. Interaksi antara pemberian POC dan nitrogen berpengaruh nyata terhadap hasil segar tongkol/ha. Penggunaan kombinasi POC dosis 25 l/ha dan nitrogen pada dosis 138 kg/ha memberikan hasil segar tongkol/ha tertinggi, yaitu 29,61 ton.

Keywords

dosis; pupuk organik cair; nitrogen

Full Text:

PDF

References

Adisarwanto, T dan Widyastuti, Y.E. 2001. Meningkatkan produksi Jagung di lahan kering, Sawah dan Pasang Surut. Penebar Swadaya. Jakarta.

Agustina, L. 1990. Nutrisi Tanaman. Renika Cipta. Jakarta.

Anonim. 2003. Teknologi Produksi Jagung. Dinas Pertanian Tanam Pangan Provinsi Bali.

Anonim. 2007. Inovasi Dalam Keseimbangan. Dosis dan aplikasi Pupuk orgnik cair plus (Pomi) pada berbagai Tanaman. PT. INDO ACIDATAMA Tbk. Surakarta-Indonesia.

Anonim. 1988. Diagnosis dan Perbaikan Kahat Kalium Pada Tanaman Utama (Edisi Indonesia). Terbitan Hasil Bersama, Jurusan Tanah Fakultas Pertanian, Insitut Pertanian Bogor dan Program Asia Timur dan Tenggara Insiut Kalium Internasional (Swis) dan Institut Kalium dan Fosfat (Amerika Utara). Cetakan I Canada.

Hanafiah, K.A. 1991. Rancangan Percobaan. Teori dan Aplikasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Koswara. 2000. Budidaya Jagung Manis. IPB. Bogor.

Kusumo Surachmat. 1984. Zat Pengatur Tumbuh Tanaman. CV. Yasaguna Jakarta Selatan.

Purba, J.H., P.Parmila, dan K.K.Sari. 2018. Pengaruh Pupuk Kandang Sapi dan Jarak Tanam terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kedelai (Glycine Max L. Merrill) Varietas Edamame. Agro Bali: Agricultural Journal, Vol. 1 (2):69-81

Saraswati dan Sumarno. 2008. Pemanfaatan Mikroba Penyubur Tanah Sebagai Komponen Teknologi Pertanian. Iptek Tanaman Pangan. Vol 3 No. 1 April 2008.

Saenong. 2002. (dalam Sutanto., Nugraheni, Kendriyanto). Pengolahan jagung sebagai bahan pangan. Jateng. Litbang. Deptan.go.id/ind/ima...

Srilaba, Nyoman. 2003. Pengaruh Pupuk Kascing dan Dosis Pupuk Fosfat terhadap Hasil Jagung Manis di lahan kering Andisol. Tesis. Tidak dipubli-kasikan, UNUD Denpasar.

Sudasma, Ketut. 2006. Pengaruh Pupuk Organik dan Dosis Pupuk Nitrogen terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung ( Zea Mays, Linn ) Varaitas Bisi -2 di Lahan Kering, Skripsi.Tidak di Publikasikan.UNIPAS Singaraja.

Suprapto dan Marzuki. 2005. Respon Pertumbuhan dan Produksi Jagung Manis. Ripository.usu.ac.id/../chapter II. Pdf. Universitas Sumatera Utara.

Suprapto, HS. 1999. Bertanam Jagung. PS. Penebar Swadaya.

Suryatna Effendi. 2005 . Bercocok Tanam Jagung. Yasaguna. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.