EVALUASI KETAHANAN GENOTIP PADI BERAS MERAH (Oryza sativa L.) TERHADAP PENYAKIT BLAS DAUN (PyriculariaoryzaeCav.) RAS 173

Putu Shantiawan Prabawa, Damanhuri Damanhuri

Abstract

Kendala dalam budidaya tanaman padiadalah adanya serangan patogen seperti cendawan Pyricularia oryzae Cav. penyebab penyakit blas. Penggunaan varietas yang tahan penyakit blas adalah solusi yang efektif untuk meningkatkan produksi. Hal ini karena beragamnya ras penyakit blas yang berkembang, salah satunya yang paling virulen adalah ras 173. Untuk menghasilkan varietas padi yang tahan, diperlukan gen tahan penyakit blas yang bersumber dari genotip lokal padi beras merah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ketahanan 5 genotip lokal padi beras merah, mengetahui keragaman dan menduga apakah sifat tersebut dapat diwariskan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari – Mei 2014, di desa Ketawang, kecamatan Gondanglegi, kabupaten Malang. Bahan yang digunakan adalah 5 genotip lokal padi beras merah dan 2 varietas cek. Penelitian ini menggunakan rancangan IRRI SES. Hasil penelitian menunjukkan genotip Mandel memiliki penampilan terbaik pada semua karakter ketahanan seperti periode laten, skor tingkat ketahanan dan intensitas serangan penyakit.

Keywords

padi beras merah; penyakit blas; ketahanan

Full Text:

PDF

References

Aryana, M.I.G.P. 2009. Adaptasi dan Stabilitas Hasil Galur-Galur Padi merah Pada Tiga Lingkungan Tumbuh. Jurnal Agronomi. Indonesia 37 (2) : 95 – 100.

Bonman, J.M. 1992.DurableResistancetoRiceBlastDisease-EnvironmentalInfluence. Euphytica 63:115-123.

Gealy, D. R. and R. J. Bryant. 2009. Seed PhysicochemicalCharacteristicsOffield-GrownUsWeedy Red Rice (Oryza sativaL.) Biotypes: ContrastsWith Commercial Cultivars. Journal Of Cereal Science. 49: 239-245.

IRRI. 2006.StressandDiseaseTolerance: Breeding for diseaseResistanceinRice:Blast. http://www.knowledgebank.irri.org/ ricebreedingcourse/ Breeding_for_disease_resistance_Blast.htm (online). Diakses 8 Desember 2013

Jusliah. 2002. Uji Ketahanan 18 Genotipe Padi Gogo (OryzaSativa L.) Terhadap Dua Ras Penyakit Blas Daun (PyriculariaOryzaeCav). Jurusan Budidaya Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Marquez-Ortiz, J.J., J.F.S. Lamb, L.D. Jhonson, D.K. Barnes, andR.E. Stucker. 1999.Heritability Of CrownTraits Internasional Alfalfa. CropScience. 39 :38-43.

Mukelar dan R. Edwina. 1987. Identifikasi ras jamur Pyricularia oryzae Cav. dari beberapa daerah di Indonesia. Kongres Nasional IX Perhimpunan Fitopatologi Indonesia. 209-212 hal.

Santoso dan Nasution, A. 2012. Pengendalian Penyakit Blas dan Penyakit Cendawan Lainnya. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. Jawa Barat.

Wang, Z., D.J. Mackilland, J.MBonman. 1989.PartialResistancetoBlastinIndicaRice. CropScience. 29: 848-853.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.