PENGARUH DOSIS NITROGEN DAN PUPUK KANDANG SAPI FERMENTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SAWI (Brassica juncea L.)

Made Suarsana, Putu Sri Wahyuni, Kadek Dody Ariawan

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk nitrogen, pemberian pupuk kandang sapi yang difermentasi dengan pupuk hayati “Biota MaxTM” dan interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil sawi. Percobaan ini telah dilakukan di Banjar Dinas Gambuh, Desa Selat, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, dengan ketinggian tempat ± 300 m dari atas permukaan laut pada bulan Mei sampai dengan Juli 2013. Percobaan dilakukan dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan dua faktor. Faktor pertama, pemberian dosis pupuk nitrogen (N), yaitu N0: Tanpa pupuk N 0 kg.ha-1 atau 0 kg.petak-1, N1: Dengan pupuk N pada dosis 45 kg.ha-1 atau 9 g.petak-1, N2: Dengan pupuk N pada dosis 90 kg.ha-1 atau 18 g.petak-1, dan N3: Dengan pupuk N pada dosis 135 kg.ha-1 atau 27 g.petak-1. Faktor kedua adalah pemberian pupuk kandang sapi yang difermentasi dengan pupuk hayati Biota MaxTM(P) dengan tiga tingkat perlakuan, yaitu P0: Tanpa pupuk kandang sapi, P1: Pemberian pupuk kandang sapi tanpa pupuk hayati Biota MaxTM, dan P2: Pemberian pupuk kandang sapi yang difermentasi dengan pupuk hayati Biota MaxTM. Dengan demikian terdapat 12 perlakuan kombinasi masing-masing perlakuan diulang tiga kali. Hasil percobaan menjukkan, berat kering oven tajuk terbaik diberikan pada dosis pupuk nitrogen 90 kg.ha-1 (N2), yaitu seberat 7,56 g, berbeda sangat nyata (p

Keywords

Pupuk nitrogen; pupuk kandang sapi; fermentasi; pupuk hayati; sawi

Full Text:

PDF

References

Badraka, IB. 2000. Penggunaan Trichoderma sp Dalam Pengendalian Penyakit Layu Fusarium Pada Tanaman Hortikultura. (Panduan Pengendalian OPT). LHP Celuk Gianyar. Dinas Pertanian Pangan Bali.

BiotaMaxTM. 2012. BiotaMax™ Soil Probiotic.http://www.biotamax.com/ BiotaMax.html. Diakses tanggal 23 April 2013. Jam 12:45:20 WITA.

CSR/FAO. 1983. Kriteria penilaian sifat-sifat kimia tanah ( Staf Pusat Penelitian Tanah)http://bebasbanjir2015.wordpress.com/04-konsep-konsep dasar/klasifik asi-kemampuan-lahan/ Diakses tanggal 23 April 2013. Jam 13:15:20 WITA.

Hasibuan, B. E. 2008. Pupuk dan Pemupukan. FP. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Lingga, P. dan Marsono. 2006. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penerbit: Penebar Swadaya, Anggota IKAPI Jakarta.

Rukmana, R.,1994. Bertanam Kubis. Penerbit kanisius. Yogyakarta.

Sumarni, N. dan Achmad Hidayat. 2005. Panduan Teknis Budidaya Bawang Merah. Balai Penelitian Tanaman Sayur. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Swartini, NLP. 2007. Pengaruh Jarak Tanam Dan Dosis Pupuk Nitrogen Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) Di Desa Banyuning. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Panji Sakti. Singaraja (tidak dipublikasikan).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.