Analisis Permintaan dan Persaingan Ekspor Pisang Indonesia, Filipina dan Thailand di Pasar China dengan Menggunakan Model Almost Ideal Demand System (AIDS)

Dian Permata Sari Br Surbakti, Tavi Supriana, Rulianda Purnomo Wibowo

Abstract

Pisang adalah salah satu komoditas unggulan ekspor buah di Indonesia. Pasar utama untuk pisang Indonesia adalah China. Indonesia bukan satu satunya negara eksportir pisang di pasar China melainkan terdapat negara lain yaitu Filipina dan Thailand. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persaingan antara negara pemasok pisang di pasar China seperti Indonesia, Filipina dan Thailand menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pisang di pasar China dengan menggunakan Model Almost Ideal Demand System (AIDS). Penelitian ini menggunakan data time series kuartal 1 tahun 2013 hingga kuartal 4 tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai elastisitas harga sendiri pisang Indonesia dan Thailand bersifat elastis, sedangkan pisang Philipina bersifat inelastis. Pisang Indonesia bersaing dengan pisang Filipina hal ini dibuktikan dengan nilai elastisitas silang yang positif (substitusi) sedangkan pisang Thailand dan Indonesia memiliki hubungan saling melengkapi (komplementer). Variabel yang berpengaruh signifikan terhadap permintaan pisang di pasar China yaitu harga pisang Indonesia, Filipina, Thailand dan total nilai impor pada pangsa pasar Indonesia, harga pisang Indonesia, Filipina, Thailand dan total nilai impor pada pangsa pasar Filipina, harga pisang Indonesia, Filipina, dan total nilai impor pada pangsa pasar Thailand. 

Keywords

model AIDS; persaingan; permintaan impor; pisang

Full Text:

PDF

References

Akbar, F. M., & Widyastutik. (2022). Analisis Daya Saing, Dinamika, dan Determinan Penawaran Ekspor Komoditas Unggulan Indonesia ke United Kingdom. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan, 11(2), 108–131.

https://journal.ipb.ac.id/index.php/jekp/article/view/41763

Annisa, D. I., Rifin, A., & Novianti, T. (2021). Analisis Permintaan Bubuk Kayu Manis Indonesia di Pasar Dunia. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 26(3), 363–369. https://doi.org/10.18343/jipi.26.3.363

Badan Pusat Statistik. (2023). Produksi Tanaman Buah-Buahan 2022. Badan Pusat Statistik.

COMTRADE, U. (2023). Volume impor pisang Indonesia,Philipina dan Thailand. https:comtrade.un.org

Dewanti, R. P., Harianto, H., & Nurmalina, R. (2020). Analisis Permintaan Dan Persaingan Minyak Kelapa (Crude Coconut Oil) Indonesia Di Pasar Internasional. Jurnal Agribisnis Indonesia, 8(1), 69–82. https://doi.org/10.29244/jai.2020.8.1.69-82

Fortunika, S. O. (2021). Posisi Kopi Robusta Indonesia Di Pasar Jerman Menggunakan Metode Linier Approximate Almost Ideal Demand System. 9(1), 29–42. https://doi.org/https://doi.org/10.29244/jai.2021.9.1.29-42

Gatya Prasasta, S., & Hanung Ismono, R. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspor dan Prospek Ekspor Pisang Provinsi Lampung. Jurnal Ilmu Agribisnis, 10(2), 179–186. http://dx.doi.org/10.23960/jiia.v%vi%i.5996

Genius, E. (2020). Statistik Ekspor Pisang Philipina. https://www.exportgenius.in

Hidayati, T. N., & Suhartini, S. (2018). Analisis Daya Saing Ekspor Pisang (Musa paradiaca L.) Indonesia di Pasar Asean dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 2(4), 267–278. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.04.2

Izzatin, N. R., Durroh, B., & Masahid. (2023). Analisis Daya Saing Ekspor Kakao Indonesia di Pasar Internasional. Agro Bali : Agriculture Journal, Vol.6 No.2, 337–349. https://doi.org/https://doi.org/10.37637/ab.v6i2.1266

Manalu, D. S. T., Harianto, H., Suharno, S., & Hartoyo, S. (2020). Permintaan Kopi Biji Indonesia di Pasar Internasional. Agriekonomika, 9(1), 114–126. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v9i1.7346

Map, T. (2023a). Volume Impor Pisang China. https://m.trademap.org

Map, T. (2023b). Volume Impor Pisang Indonesia Ke Negara Tujuan Ekspor. Trade Map. https://www.trademap.org

Mizobuchi, K., & Tanizaki, H. (2013). On estimation of almost ideal demand system using moving blocks bootstrap and pairs bootstrap methods. Empirical Economics. 1221-12250. https://doi.org/10. 1007/s00181-013-0782-6

Organization, F. and A. (2022). Jenis pisang Impor di Pasar China.

Pinto, J. da S., Suharno, S., & Rifin, A. (2022). Kinerja Ekspor Cengkeh Indonesia di Pasar India: Pendekatan Linear Approximate Almost Ideal Demand System (LA/AIDS). Jurnal Agribisnis Indonesia, 10(2), 262–279. https://doi.org/10.29244/jai.2022.10.2.262-279

Rosario, I. (2022). Analisis Permintaan Impor Minyak Kelapa (Coconut Crude Oil) Indonesia Di Pasar Eropa. Thesis. Institut Pertanian Bogor. http://repositori.ipb.ac.id/handle/123456789/83620

Saputro, K. D. (2018). Volume Ekspor Komoditas Pisang Indonesia Periode 1989-2013 dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 4(8), 951–978. https://doi.org/.

Statistik, B. P. (2022). Nilai Ekspor Indonesia Januari - Desember 2022. Badan Pusat Statistik.

Suherman, T. R. I. (2016). Analisis Permintaan Impor Minyak Kelapa Sawit Indonesia Di Eropa 4. Thesis. Institut Pertanian Bogor. http://repositori.ipb.ac.id/handle/123456789/83620

Syahrizan, A. (2018). Peningkatan Ekspor Pisang Indonesia Ke Cina Tahun 2016-2018. JOM FISIP, 8(21), 1–9. https://jom.unri.ac.id/indexs.php/JOMFISIP/Article/viewFile/31610/30428

Tomek, W. G., & Robinson, K. L. (1990). Agriculture Product Prices (Third). Cornell University Press.

Wibowo, R. P. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran Bawang Merah Indonesia. Agro Bali, vol.6 No.2, 326–336. https://doi.org/https://doi.org/10.37637/ab.v6i2.1312

Wisnujati, N. S. (2020). Analisis Ekspor Pisang Raja Di Pasar Internasional. Jurnal Sosio Agribisnis, 20(1), 27–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30742/jisa2012020973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.