STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI UMKM DWI JATI DESA SARI MEKAR)

Gede Arnawa, Gede Suardana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada UMKM Dwi Jati Desa Sari Mekar khususnya bauran pemasaran (Marketing Mix) yang diterapkan UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Sumber data pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan kunjungan langsung ke UMKM Dwi Jati Desa Sari Mekar untuk melakukan wawancara pribadi dengan Ketua Ketut Winangsih. Dilengkapi dengan data-data penjualan beberapa tahun kebelakang. Peneliti menyimpulkan bahwa ada beberapa pembahasan yaitu Strategi, Kendala dan Solusi. Strategi yang dilakukan UMKM Dwi Jati Desa Sari Mekar yaitu Bauran 4P (Product, Promotion, Price, dan Place). Meskipun ada kendala dalam keuangan dan pemasaran tetapi UMKM Dwi Jati Desa Sari Mekar masih bisa menemukan solusi dan alternativeyaitu dengan mengelola keuangan dan menggunakan bahan baku secara efisien.Kemudian, solusi UMKM Dwi Jati Desa Sari Mekar dalam menghadapi COVID-19 adalahdengan menjaga cashflow, inovasi produk, memaksimalkan media sosial danmemaksimalkan layanan antar atau delivery.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.