STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMPROMOSIKAN OBYEK WISATA AIR TERJUN JEMBONG DI DESA AMBENGAN KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG
Abstract
Keberhasilan pengembangan destinasi wisata menjadi salah satu pondasi dalam memperkuat sektor pariwisata di Indonesia. Salah satu aspek yang menjadi permasalahan utama dalam pengembangan destinasi pariwisata khususnya di Desa Ambengan Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng adalah lemahnya strategi komunikasi yang diterapkan oleh pengelola pariwisata, terutama pada pelayanan wisatawan dan promosi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis strategi promosidalam memperkenalkan obyek wisata air terjun Jembong yang ada di Desa Ambengan Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara, analisis yang digunakan adalah model analisis data interaktif Miles dan Huberman, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan adalah pengenalan khalayak, dimana pengelola obyek wisata melakukan pengenalan khalayak lebih dulu agar strategi yang dilakukan tepat pada sasaran. penyusunan pesan, dilakukan sesuai dengan khalayak sasarannya dengan menggunakan tag line “Surga tersembunyi di Buleleng” yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. Penetapan metode, dengan menggunakan metode informatif dan repetition untuk menarik minat wisatawan serta penggunaan media, dimana pengelola obyek wisata menggunakan media sosial untuk menginformasikan keberadaan wisata air terjun Jembong. Startegi komunikasi yang dilakukan dipengaruhi oleh faktor-faktor pendukung dan penghambat.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.