KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SD NEGERI 2 TINGA-TINGA, KECAMATAN GEROKGAK, KABUPATEN BULELENG

Ni Putu Sutini, I Nyoman Mudarya

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia maka upaya yang paling utama adalah melalui pendidikan. Sekolah Dasar adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang Pendidikan Dasar. Dan guru adalah unsur utama untuk keberhasilan atau kegagalan dalam peningkatan mutu pendidikan. Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru memiliki peran yang penting sebagai pendidik, manajer, administrator,supervisor, leader, inovator dan motivator dalam mengelola sumberdaya, menggerakkandan mempengaruhi para guru agar proses pembelajaran dalam membentuk peserta didik yang berkualitas dan berkarakter dapat diwujudkan. Berdasarkan hal tersebut dapat dirumuskan pokok-pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Negeri 2 Tinga-Tinga?; 2) Bagaimanakah Kompetensi Guru di SD Negeri 2 Tinga- Tinga?; 3) Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi Guru di SD Negeri 2 Tinga- Tinga? dan 4)Apakah faktor pendukung dan penghambat Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi Guru di Sekolah Dasar Negeri 2 Tinga-Tinga.Untuk menjawab permasalahan tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif dengan maksud mendapatkan gambaran yang mendalam tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SD Negeri 2 Tinga – Tinga.Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) kepemimpinan kepala sekolah SDNegeri 2 Tinga – Tinga sudah berperan dengan maksimal sesuai dengan tugasnya. 2)Kompetensi guru di SD Negeri 2 Tinga- Tinga sudah baik. 3) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SD Negeri 2 Tinga – Tinga dengan fungsinyanya sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator sudah berupaya dilasanakan dengan baik. 4) faktor pendukung kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SD Negeri 2 Tinga- Tinga yaitu: faktor yang pertama adalah sumber daya manusia yaitu kemampuan kepala sekolah danpara guru dalam meningkatkan kualitas diri sebagai pendidik di SD Negeri 2 TingaTinga., sarana dan prasarana yang memadai dan hubungan dengan pihak ketiga. Adapun faktor penghambat yang dihadapi kepala SD Negeri 2 Tinga- Tinga dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu sulitnya merubah pola pikir paradima lama para guru.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.