IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SECARA ELEKTRONIK (E-PPDB) TINGKAT SMP BERBASIS PEMETAAN ZONASI DI SATUAN PENDIDIKAN SMP NEGERI 4 SAWAN
Abstract
Perkembangan teknologi di bidang pemerintahan yang disebut e- government semakin gencar dilaksanakan. Salah satunya dalam implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Secara Elektronik (E-PPDB). Peneliti merumuskan masalah: 1) Bagaimanakah implementasi E-PPDB pada satuan pendidikan SMP Negeri 4 Sawan? 2) Apakah faktor pendukung dan penghambat implementasi E-PPDB pada satuan pendidikan SMP Negeri 4 Sawan? 3) Bagaimanakah dampak penggunaan E-PPDB pada satuan pendidikan SMP Negeri 4 Sawan. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan dan mengolah data hasil wawancara, hasil observasi dan hasil dokumentasi dan dijelaskan melalui diskripsi hasil pengolahan data tersebut untuk mudah dipahami, analisis data menggunakan analisis kualitatif sepanjang berlangsungnya penelitian secara terus menerus dari awal sampai akhir penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi E-PPDB pada satuan pendidikan SMP Negeri 4 Sawan, dari indikator komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, namun masih ada beberapa kekurangan pada disposisi atau ketanggapan sikap dari pelaksana kebijakan; 2) Faktor pendukung dari implementasi E-PPDB ini adalah didukung oleh sumber daya yang baik dan memadai, manajemen kepala sekolah yang baik, pemanfaatan sistem yang user friendly atau mudah dimengerti pengguna, dan kerjasama yang baik antar pelaksana dan kelompok sasaran; 3) Implementasi E-PPDB memberi dampak pada sebagian besar hasil memperlihatkan dampak positif dari pelaksana dan kelompok sasaran yaitu sistem pendaftaran siswa menjadi lebih efektif dan efesien bagi kelompok sasaran, proses pembelajaran menjadi lebih mudah; kemudahan dalam mengakses kegiatan sekolah; kemudahan dalam membina siswa, dan meringankan biaya transportasi bagi peserta didik. Rekomendasi yang dihasilkan adalah 1) Penggunaan E-PPDB dapat diterapkan secara menyeluruh di semua tingkat satuan pendidikan, 2) Agar dapat dikembangkan peningkatan validasi pada data alamat peserta didik; 3) Pelaksana agar memiliki rasa komitmen dan disiplin yang lebih baik; 4) Sistem E- PPDB agar dapat juga digunakan sampai pada proses pendaftaran kembali.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.