Analisis Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa UKT di Universitas Panji Sakti Dengan Metode SAW

Gede Rai Sutama, Putu Aditya Pratama

Abstract


Beasiswa merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa/mahasiswa setiap satuan pendidikan bagi para peserta pendidik yang berprestasi atau bagi orang tuanya yang tidak mampu dalam membiayai pendidikan. Dalam pelaksanaannya proses seleksi beasiswa masih dilakukan secara manual dengan cara membandingkan antara satu berkas pendaftar beasiswa dengan pendaftar yang lain. Dengan cara tersebut mengakibatkan proses seleksi menjadi kurang efektif dan efisien ketika banyaknya jumlah pendaftar beasiswa dimana pihak pengambil keputusan mengalami kesulitan dalam menentukan hasil seleksi beasiswa serta serta dalam proses seleksi memerlukan waktu lama. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu pihak pengambil keputusan dalam proses penyeleksian penerima beasiswa dengan mudah dan cepat. Metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk memberikan keputusan terhadap proses seleksi penerima beasiswa. Dari hasil pengujian akurasi menunjukkan bahwa dari sembilan alternatif terdapat enam alternatif yang sama antara hasil seleksi yang dilakukan secara manual dengan hasil seleksi yang dilakukan dengan sistem.

Full Text:

PDF

References


DEEPUBLISH, P. (2022), Retrieved from https://penerbitbukudeepublish.com/apa-itu-ukt/ [Diakses 7 September 2022]

IKHSANUDDIN, R. M. (2022). Sistem Pemilihan Mahasiswa Penerima Beasiswa Bantuan Ukt Di Universitas Putra Bangsa Menggunakan Metode Vikor. International Journal of Data Science Theory and Application, 12-22.

KHASANAH, F. N. (2019). Sistem Seleksi Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode Pendukung Keputusan Simple Additive Weighting. Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIK) 2019.

SRI, KUSUMADEWI. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Graha Ilmu. Yokyakarta.

SYAM, S. (2019). Metode Simple Additive Weighting dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi (Studi Kasus : PT. Indomarco Prismatama cabang Tangerang 1). UNISTEK.

ENIYATI S., “Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting),” Teknol. Inf. Din., vol. 16, no. 2, p. 7, 2011.


Refbacks