Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran Melalui Penerapan Supervisi Klinik di Gugus XII Kecamatan Buleleng Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Dewa Nyoman Wardana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari penerapan supervisi klinik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan melalui metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Pengambilan data dilakukan menggunakan lembar observasi penilaian tugas guru yang dianalisis secara deskriptif. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah penggunaan penerapan supervisi klinik telah dapat meningkatkan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran. Bukti yang dapat diajukan, kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran telah mengalami peningkatan dari data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukan skor rata-rata sebanyak 56, siklus I meningkat sekitar 32.14% menjadi 74, siklus II meningkat menjadi 87 atau sekitar 17.57% dibandingkan siklus I atau sekitar 55.36% dibanding dengan rata-rata awal. Hal itu membuktikan bahwa penerapan supervisi klinik telah mampu meningkatkan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan baik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.