BIMBINGAN INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN PRINSIP WHAT, WHY, WHAT FOR, DAN HOW UNTUK CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Desak Gede Sukawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS siswa melalui penerapan prinsip What, Why, What for, dan how sebagai acuan pada model Contextual Teaching and Learning. Dalam pelaksanaannya di lapangan, peneliti memberikan tahapan berupa siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengumpulan data dan diakhiri dengan tahap refleksi yang termasuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh. Setelah data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh peningkatan hasil yang sesuai harapan tujuan penelitian ini. Data tersebut adalah peningkatan yang terjadi dari awal dimana peserta didik baru mampu mencapai ketuntasan belajar 47% dengan rata-rata kelas 64 dan pada siklus I telah meningkat ketuntasan belajar menjadi 69.70% dengan rata-rata kelas 69.91 dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu ketuntasan belajar siswa mencapai 72.73% dengan rata-rata kelas 72.30. Sedangkan indikator keberhasilan penelitian pada siklus II membuat agar persentase ketuntasan belajar mereka mencapai minimal 72% dengan rata-rata kelas 70. Sedangkan data yang diperoleh sudah melebihi indikator tersebut. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Contextual Teaching and Learning dalam proses belajar mengajar mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.