PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS E-BOOK MENGGUNAKAN KHISOVT FLIPBOOK

Luh Putu Ary Sri Tjahyanti, Kadek Yati Fitria Dewi

Abstract

Kemajuan dan pembangunan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Pendidikan merupakan salah satu faktor penting untuk menghasilkan kualitas sumberdaya manusia yang unggul dan berdaya saing. Proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar dan efektif apabila ditunjang dengan sarana prasarana. Salah satu sarana prasarana yang dapat mendukung proses pembelajaran adalah tersedianya bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang bisa diterapkan yaitu bahan ajar elektronik (e-modul). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul yang layak dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris menggunakan Kvisoft Flipbook. Jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Proses pengembangan meliputi produksi e-modul, validasi ahli materi dan ahli media, uji coba produk, dan revisi produk. Desain uji coba produk terdiri dari uji coba tahap awal kepada 5 siswa, uji coba lapangan skala kecil kepada 10 siswa, dan uji coba lapangan skala besar dengan melakukan praeksperimental kepada 35 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala analisis kebutuhan, skala kelayakan e-modul oleh para ahli, skala motivasi belajar, dan skala respons pengguna. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dihasilkan pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris sangat layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris.

Full Text:

PDF

References

Abdul majid .2013.Strategi Pembelajaran .Remaja Rosdakarya:Bandung.

Abdul Majid. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Anuradha, K.T., Usha.H.S. (2006). Use of e-books in an Academic and Research

Environment. Electronic Library And Information System, 40(1), 48-62. Retrieved

from emeraldinsight.com database.

Arsanti, Meilan. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif

Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, Unissula”. Jurnal Kredo, (1), (2), April 2018, 71-90. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2107

Depdiknas.2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti.

Maswan, & Muslimin, K. (2017). Teknologi pendidikan: Penerapan pembelajaran yang sistematis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital. Jurnal Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101-116.

Surjono, H. D. 2017. Multimedia pembelajaran interaktif: Konsep dan pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Suyoso , & Nurohman , S . 2014 . Pengembangan modul elektronik berbasis web sebagai media pembelajaran fisika. Jurnal Kependidikan, 44(1), 73-82.

Surjono, H. D. 2017. Multimedia pembelajaran interaktif: Konsep dan pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Uno, H. B. (2017). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widoyoko, E. P. (2017). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.