PEMBELAJARAN 5 M DAN PERTANYAAN SOKRATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA SMA NEGERI 4 SINGARAJA

I Wayan Soma

Abstract

Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep kimia siswa melalui pembelajaran 5M dan pertanyaan sokratik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi,evaluasi, refleksi. Subjek penelitian seluruh siswa kelas X MIPA-5 SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 32 orang terdiri dari 18 laki-laki dan 14 perempuan. Objek penelitian aktivitas belajar siswa, pemahaman konsep kimia siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran. Pembelajaran 5M dan pertanyaan sokratik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep kimia siswa. Siklus I menunjukkan aktivitas kategori aktif dengan skor rerata 13,3 dan pemahaman konsep kimia memperoleh rerata tes hasil belajar 68,19. Pada siklus II, aktivitas meningkat dengan skor rerata 14,2 kategori aktif dan pemahaman konsep kimia memperoleh rerata tes hasil belajar 72,21. Siswa merespon cukup positif terhadap kegiatan pembelajaran dengan 52,9% siswa menyatakan setuju.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.