PELAKSANAAN WORKSHOP UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SD NEGERI 014 BINTAN TIMUR TAHUN 2019

Hj. Halizawati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya pemahaman guru tentang pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru dalam menerapkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 melalui pelaksanaan workshop. Berdasarkan hasil observasi, diperoleh data awal kompetensi guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan nilai rata-rata 71,44 (Cukup). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 014 Bintan Timur, Kabupaten Bintan Kepulauan Riau dengan subjek penelitian guru-guru di SD Negeri 014 Bintan Timur sebanyak 9 orang. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, kompetensi guru-guru dalam menerapkan Contextual Teaching and Learning (CTL) telah meningkat yang memperoleh nilai rata-rata 87,56 (Baik). Pada siklus II dilakukan perbaikan-perbaikan sehingga kompetensi guru-guru lebih meningkat yang memperoleh nilai rata- rata 91,78 (Amat Baik). Simpulan yang diperoleh dari kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah kompetensi guru-guru SD Negeri 014 Bintan Timur dalam menerapkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat ditingkatkan melalui pelaksanaan workshop.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.