MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK DENGAN MENGGUNAAN METODE KARYA WISATA BERMAIN SAMBIL BELAJAR

Ni Wayan Lasterini

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 6 Ped di Kelas I Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Tujuan laporan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode karya wisata dengan belajar sambil bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan metode karya wisata dengan belajar sambil bermain dan metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya nilai rata-rata siswa hanya mencapai 40,20 dengan ketuntasan klasikal 40,00% setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 69,00 dengan ketuntasan klasikal 60,00% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 78,00 dengan ketuntasan klasikal 100%.Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan metode karya wisata dengan metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.