UPAYA MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA MELALUI KEGIATAN MENUNJUKKAN RELEVANSI ISI DONGENG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIIA SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ni Luh Sulastri

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Perolehan data awal yang rendah pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Seririt pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 membuat peneliti mengupayakan membenahi proses yang kurang baik yang telah dilaksanakan. Perbaikan proses pembelajaran dilakukan melalui penerapan metode tutor sebaya. Metode ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang sedang dihadapiSetelah data dikumpulkan melalui instrumen tes hasil belajar, diperoleh peningkatan hasil belajar dengan data awal yang rata-rata kelasnya yaitu mencapai 72,34 Dengan prosentase ketuntasan belajar baru mencapai 37,7%, pada siklus I meningkat menjadi 77,65 rata-rata kelas dan 93,75% untuk ketuntasan belajarnya. Sedangkan pada siklus II data tersebut telah meningkat menjadi 82,96 rata-rata kelasnya dan 100% ketuntasan belajarnya. Data pada Siklus II ini sudah menunjukkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang melebihi indikator yang dipersyaratkan. Oleh karenanya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode tutor sebaya dalam melaksanakan proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.