PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN QUIS TEAM SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 1 SERIRIT

Putu Mulyani

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Seririt di kelas VIID pada semester II tahun pelajaran 2015/2016 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Kooperatif dengan Quis Team. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 69.58 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 46.88%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran IPA di sekolah ini adalah 73. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 70.88 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 65.63%. Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 77.03 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 88.13%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penggunaan model pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran Kooperatif dengan Quis Team dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.