MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF DENGAN MENGGUNAKAN WACANA LISAN MELALUI KEGIATAN WAWANCARA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

Ni Luh Sulastri

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Seririt di Kelas VIIC yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran debat aktif dengan menggunakan wacana lisan melalui kegiatan wawancara dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran debat aktif dengan menggunakan wacana lisan melalui kegiatan wawancara dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh nilai rata-rata pada awalnya 70.47 , pada siklus I meningkat menjadi 74.06 , dan pada siklus II meningkat menjadi 79,69. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran debat aktif dengan menggunakan wacana lisan melalui kegiatan wawancara dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.