PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DENGAN PEMANFAATAN MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA SISWA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia setelah diterapkan model pembelajaran Mastery Learning dengan media LKS. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Seririt. Instrumen yang dipergunakan adalah tes prestasi belajar yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar membaca siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata awal yang diperoleh 69,34 dengan prosentase ketuntasan 62,5%, pada siklus I meningkat menjadi 73,47 dengan prosentase ketuntasan 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 77,87 dengan prosentase ketuntasan 87,5%. Dari hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mastery Learning dengan media LKS terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.