SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN PENDEKATAN SCIENTIFIC

Salmah Salmah

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru SD Negeri 008 Gunung Kijang semester I tahun pelajaran 2018/2019 dalam melaksanakan proses pembelajaran menggunakan pendekatan Scientific melalui Supervisi Akademik dengan Pendampingan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Siklus I dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan pelaksanaan tindakan. Metode pengumpulan datanya menggunakan Lembar Pengamatan Proses Pembelajaran. Metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah supervisi akademik dengan pendampingan dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam melaksanakan proses pembelajaran menggunakan pendekatan Scientific. Terbukti hasil yang diperoleh pada Siklus I mencapai rata-rata 82,25 pada kategori BAIK dan pada Siklus II mencapai rata-rata 93,25 pada kategori AMAT BAIK. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan, supervisi akademik dengan pendampingan dapat meningkatkan kemampuan guru- guru SD Negeri 008 Gunung Kijang semester I tahun pelajaran 2018/2019 dalam melaksanakan proses pembelajaran menggunakan pendekatan Scientific.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.