MEMAKSIMALKAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 1 SERIRIT
Abstract
Rendahnya prestasi belajar kelas VIIC SMP Negeri 1 Seririt yang baru mencapai rata-rata 67,50 dengan ketuntasan belajar 56,25% membuat peneliti berpikir banyak. Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan selama proses pembelajaran yang telah dilakukan akhirnya dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini peneliti mengganti model yang telah dilakukan bertahun-tahun dengan model baru yang bersifat kontruktivis. Setelah giat melakukan pembelajaran dan giat mengumpulkan data menggunakan tes serta melakukan analisis menggunakan analisis deskriptif, diperoleh peningkatan hasil sesuai harapan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari keberhasilan siswa mencapai nilai rata-rata kelas 70,94 dengan ketuntasan belajar 62,50% pada siklus I dan pada siklus II telah diperoleh peningkatan menjadi ratarata 77,03 dengan ketuntasan belajar 87,50%. Semua data yang telah diperoleh menunjukkan keberhasilan perbaikan proses pembelajaran yang sebelumnya terus menerus dilakukan secara konvensional. Data tersebut menuntun peneliti ke sebuah kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran ekspositori dengan metode debat aktif mampu meningkatkan prestasi belajar matematika.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.