UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 SERIRIT

Luh Pariastini

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk membuktikan peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Mastery Learning dalam proses pembelajaran Matematika pada siswa kelas VII B semester I tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes prestasi belajar. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari data awal sampai siklus II yaitu data awal menunjukkan prestasi ketuntasan belajar mencapai 63%, siklus I meningkat menjadi 71,88%, siklus II meningkat menjadi 87%. Hal itu membuktikan bahwa model pembelajaran Mastery Learning yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan debagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.