PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA KOTAK AJAIB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PENGELOMPOKAN BENDA PADA ANAK KELOMPOK A TK HITA WIDYA SINGARAJA

Ni Luh Made Fitri Yudiastuti, Dyah Siswanti

Abstract

Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Pengelompokan Benda Pada Anak Kelompok A TK Hita Widya Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pengelompokan benda melalui penerapan metode pemberian tugas berbantuan media kotak ajaib pada anak kelompok A TK Hita Widya Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Hita Widya Singaraja tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Data tentang perkembangan kemampuan kognitif diperoleh dengan dianalisis menggukan metode analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata persentase perkembangan kemampuan kognitif pada siklus I sebesar 55,7% kriteria kurang mampu, pada siklus II menjadi 81,1% kriteria mampu.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.