PENERAPAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN KOGNITIF PERILAKU DALAM MEMBANTU MENANGANI KRISIS IDENTITAS SISWA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Kartini Ayu Trisnawati, Dyah Siswanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu menangani krisis identitas yang dialami siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang mana penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek terdiri dari lima kelas yang masing terdiri atas 27 orang siswa sehingga total jumlahnya 140 orang. Terdapat 9 siswa yang menampakan perilaku remaja yang mengalami krisis identitas dilihat berdasarkan persentase hasil kuesionernya dan observasi langsung, dan ke-9 siswa tersebut diberikan tindakan berupa konseling kelompok dengan pendekatan kognitif perilaku. Penelitian ini, pada siklus yang pertama diperoleh peningkatan, namun hanya 2 orang siswa yang mencapai kriteria diatas 80%, sedangkan 7 orang siswa belum mencapai peningkatan yang berarti. Sehingga diadakan siklus kedua, keseluruhan siswa tersebut mencapai peningkatan hingga 80% ke atas. Hasil analisis menunjukkan bahwa upaya mengatasi krisis identitas yang dialami oleh siswa dengan menggunakan layanan konseling kelompok dengan pendekatan kognitif perilaku pada siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja, terjadi perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif secara individu maupun kelompok.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.