EFEKTIVITAS MODEL KONSELING LOGO DAN KONSELINGEKSISTENSIAL HUMANISTIK TERHADAP KONSEP DIRI AKADEMIK DENGAN KOVARIABEL KECENDRUNGAN POLA ASUH ORANG TUA
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat efektivitas Model konseling logo terhadap konsep diri akademik antara siswa. penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum model konseling logo dalam dalam pemberian layanan bimbingan menghasilkan konsep diri akademik yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan siswa yang mengikuti model konseling eksistensial humanistik diperoleh F hitung = 9,427 dan sig = 0,03. Dari hasil analisis juga diperoleh nilai db 1 = 1 dan db 2 = 58 dan F tabel pada taraf signifikansi 5% = 4,00 sehingga F hitung > F tabel (9,427> 0,254). (2) Setelah kecendrungan Pola asuh orang tua dikendalikan terdapat perbedaan konsep diri akademik antara siswa yang mengikuti Model konseling logo dan siswa yang mengikuti model konseling eksistensial humanistik dengan Dari hasil analisis, diperoleh nilai F*hitung 2 > F*tabel, (2,711 >= 0,254) dan sig = 0,009, maka Ho ditolak atau H1 diterima yang menyatakan model konseling yang diterapkan berpengaruh terhadap konsep diri akademik setelah dikendalikan variabel pola asuh orang tua. (3) Terdapat kontribusi kecendrungan pola asuh orang tua terhadap konsep diri akademik siswa yang mengikuti model konseling logo. Dengan taraf kepercayaan 0,05 (5%) maka dapat diperoleh harga r tabel 0,361. Ternyata harga r hitung lebih besar dari pada r tabel (0,609 > 0,361).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.