PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DALAM PEMBELAJARAN DRILL SD NEGERI 1 TUKADMUNGGA

Luh Gerianita

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 1 Tukadmungga setelah diterapkan metode drill dalam proses pembelajaran. Permasalahan awal yang terjadi adalah belum maksimalnya proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa akibat penggunakan metodeceramah. Setelah data dikumpulkan menggunakan alat berupa tes prestasi belajar siswa dari rata-rata awal 67.48(persentase ketuntasan belajar mencapai 60.00%) naik menjadi 69.34 (persentase ketuntasan belajar mencapai 74.28%) pada siklus I dan naik menjadi 71.11 (persentase ketuntasan belajar mencapai 85.71%) pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa penerapan metode drill dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.