SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SD SE-GUGUS I KECAMATAN SUKASADA DALAM MELAKSANAKAN BIMBINGAN KELOMPOK

I Wayan Pendet

Abstract

Penelitian tindakan ini dilakukan di Gugus I Kecamatan Sukasada yang bertujuan untuk mengetahui penerapan supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan bimbingan kelompok.Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan rancangan siklus. Dalam penelitian ini digunakan subjek penelitian sebanyak 8 orang. Objek yang disasar dalam penelitian ini adalah kemampuan guru guru dalam melakanakan bimbingan kelompok. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Perolehan data awal bahwa kemampuan guru-guru dalam melaksanakan proses pembelajaran masih rendah, dengan rata-rata hanya 66.25 poin dengan kualifikasi cukup (C). Setiap kali selesai melakukan proses pembelajaran setelah pelaksanaan supervisi kunjungan kelas data dikumpulkan dengan observasi dan penilaian oleh peneliti, data dianalisis. Hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kemampuan guru dari data sebelum pelaksanaan siklus. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan guru menjadi 81.5 poin dengan kualifikasi baik (B), mengalami peningkatan sebanyak 23.01% dari data awal dan pada siklus II telah diperoleh kenaikan rata-rata menjadi91poin dengan kualifikasi amat baik (A), peningkatan yang terjadi sebesar 11.66%. Kesimpulan akhir yang diperoleh adalah bahwa pelaksanaan supervisi kunjungan kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan bimbingan kelompok.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.