IMPLEMENTASI MODEL RESIPROKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan metode resiprokal dalam proses pembelajaran. Permasalahan awal yang terjadi adalah belum maksimalnya proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa akibat menggunakan metode pembelajaran konvensional yang masih menggunakan model yang terus menerus ditanyakan tanpa teori yang memadai. Setelah data dikumpulkan menggunakan alat berupa tes prestasi belajar siswa dari rata-rata awal 69.78 dimana hanya 21 orang siswa memenuhi KKM (56.75%), naik menjadi 73.94 dimana sekitar 27 orang siswa tuntas (72.97%) pada siklus I dan naik menjadi 76.54 dimana 35 orang siswa yang tuntas (94.59%) pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan kesiklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa penerapan metode resiprokal dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.